Pj Sekda Minta SMKN 2 Pangkalpinang jadi Sekolah Terbaik Nasional

  • Whatsapp
Pj Sekda Babel, Yulizar ketika menyampaikan sambutannya di acara Kunjungan Senior Evaluation Officer of The Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia, Mr. Alvin Morales, di SMKN 2 Pangkalpinang, Rabu (6/11/2019) pagi. (foto: lus).

*Apresiasi Bantuan Asian Development Bank 

PANGKALPINANG – Pj Sekda Bangka Belitung (Babel), Yulizar menyampaikan apresiasi kepada Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia (ADB) yang selama ini sudah memberikan bantuan ke SMKN 2 Pangkalpinang.

Hal itu disampaikan Yulizar saat menghadiri Pertemuan Kunjungan Senior Evaluation Officer of The Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia, Mr. Alvin Morales, di SMKN) 2 Pangkalpinang, Rabu (6/11/2019) pagi.

Pertemuan tersebut, dilaksanakan dalam rangka Independent Evaluation Mission The Independent Evaluation Departement of The Asian Development Bank di SMKN 2 Pangkalpinang, yaitu melihat sejauhmana manfaat bantuan yang diberikan oleh ADB kepada Sekolah itu.

Menurut Yulizar, selain mendapatkan bantuan dari ADB, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, juga tidak ketinggalan memberikan perhatian kepada Sekolah-sekolah (SMA/SMK) yang ada, termasuk SMKN 2, dengan mengalokasikan Dana APBD untuk Bidang Pendidikan sejak menjadi kewenangan Provinsi.

Oleh karena itu, Pj Sekda Babel meminta kepada Sekolah SMKN 2 Pangkalpinang, untuk menjadi sekolah yang terbaik secara Nasional, dan Pemerintah akan terus mensuport untuk mewujudkan hal itu.

Sementara itu, Senior Evaluation Officer of The Asian Development Bank atau Bank Pembangunan Asia, Mr. Alvin Morales mengatakan, ADB telah membantu Indonesia lebih dari 20 tahun.

ADB, kata dia, dari regulator Independen, yang akan melaporkan hasil rekomendasi dari kunjungan ini ke pimpinan ADB dalam rangka operasional program ADB.

Ia mengaku kedatangannya ke SMKN 2 Pangkalpinang, bukan untuk mengevaluasi sekolah, tetapi mengevaluasi kinerja dari ADB.

Pihaknya juga meminta saran, masukan dan ide baru terkait program ini, untuk perbaikan program selanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMKN 2 Pangkalpinang, Yulizarman mengungkap, bantuan yang telah diberikan dari ADB membawa dampak positif bagi SMKN 2.

Bantuan yang diberikan, dipaparkan Yulizarman, dipergunakan untuk pembangunan fisik sekolah berupa Gerbang Sekolah, Gedung Kantor, Perpustakaan, Bengkel Otomotif, Bengkel Mesin, dan Ruang Teori. Selain itu, bantuan non fisik untuk materi pembelajaran dan pengembangan SDM para Guru dan Siswa.

Pihaknya juga minta masukan jika ada pengembangan berikutnya, yang artinya ke depan jika ADB masih memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah yang ada di negara ini, SMKN 2 Pangkalpinang masih tercatat sebagai penerima bantuan.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Komite yang bekerja sama dengan pihak Sekolah, dimana bantuan ini diberikan ADB kepada Sekolah melalui Komite berbentuk hibah. Serta suport dari Pemprov maupun Pemkot, baik secara finansial maupun moril.

Bantuan dari ADB ini juga dikolaborasikan dengan bantuan dari Pemerintah Daerah dan Komite Sekolah.

Selain Pj. Sekda Babel, Yulizar, dalam pertemuan tersebut, turut dihadiri Sekda Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh, ADB Consultant, Brahm Prakash dan Turijin, Kepala Sekolah SMKN 2 Pangkalpinang, Yulizarman, Kepala Sekolah SMK Yapentob Toboali, Sunardi, dan Kepala Sekolah SMKN 1 Koba sebagai Sekolah aliansi serta Pengurus Komite Sekolah SMKN 2 Pangkalpinang. (rell/3)

 

Related posts