Pj Sekda Minta Operasional Warnet Dibatasi

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, Achmad Mukhsin sepertinya gerah dengan banyaknya pelajar yang kecanduan bermain game online di warung internet (warnet). Dia mengaku prihatin banyak pelajar yang bermain game di warnet hingga tengah malam.

“Karena kita prihatin sekali, saat ini kondisinya diwarung warung internet dimana jam operasionalnya tidak terkendali lagi dan kita lihat diatas jam 11 malam anak -anak sekolah masih bermain di warnet,”
kata Mukhsin saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2019).

Dia meminta kepada pengusaha warnet untuk dapat mengatur jam operasional termasuk membatasi waktu khusus kepada anak usia sekolah. Jika pemilik warnet memberikan kebebasan, menurutnya akan membuat pelajar malas untuk sekolah.

“Pemerintah daerah sudah mengambil sikap dengan mengirim surat kepada pengelola warnet untuk membatasi waktu bermain warnet kepada pelajar. Pengelola juga kita minta membatasi dan mengawasi apa yang dilakukan anak di warnet,” katanya.

Selain peran pemerintah daerah, menurut Mukhsin, yang tak kalah penting adalah peran serta sekolah serta orangtua untuk mengawasi dan mengontrol kegiatan sehari-hari pelajar. Dia mengajak orangtua dapat membekali anaknya dengan ilmu agama.

“Kita mengimbau seluruh orangtua untuk mengikutsertakan anak anak mereka lewat program magrib mengaji. Karena lewat pendidikan agama sejak dini dapat mempersempit peluang anak anak ini untuk berbuat hal-hal yang tidak sewajarnya dilakukan oleh mereka,” katanya. (2nd/10)

Related posts