Pilwako Pangkalpinang, Panwaslu Temukan Dukungan Ganda Paslon Rindu

KPU akan Mengroscek

Luksin Siagian

PANGKALPINANG – Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Pangkalpinang, menemukan adanya kekeliruan yang dilakukan oleh KPU Pangkalpinang, terkait dengan ditemukan banyaknya dukungan ganda Paslon jalur perorangan Rindu (Rinaldi-Benekdiktur Sarjulianto) yang telah menyertakan form B5 KWK (tidak mendukung), namun masih dipertahankan oleh KPU Pangkalpinang.

Demikian disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubal (Hubungan antarLembaga) Panwaslu Pangkalpinang Luksin Siagian. Sambungnya, berdasarkan pengawasan dan analisa yang dilakukan Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) se-Pangkalpinang, masih ditemukannya 230 dukungan yang belum disisir oleh KPU Pangkalpinang. Yakni, 222 dukungan yang telah dinyatakan MS (Memenuhi syarat) pada verifikasi faktual tahap pertama, ternyata masih dilakukan verifikasi faktual tahap kedua oleh KPU Pangkalpinang. Bahkan, delapan orang yang telah menandatangani form B5 KWK (tidak mendukung), justru diverifikasi kembali.

“Setelah dilakukan verifikasi faktual tahap pertama, telah diplenokan MS sebanyak 8908. Untuk verifikasi faktual tahap kedua ini, Paslon Rinaldi-Sarju telah menyerahkan 13.469 dukungan dan telah dicoret 340 dukungan, 24 Januari yang lalu, sehingga yang diverifikasi 13.129 dukungan,” kata Luksin
kepada wartawan, di sekretariat Panwaslu Pangkapinang, Selasa (30/1/2018).

Luksin menuturkan, 222 dukungan ganda dan delapan yang telah menandatangani form B5 KWK yakni, untuk Kecamatan Rangkui 32 dan yang menggunakan B5 KWK, 6 orang. Di Kecamatan Girimaya 86 ganda, di Taman Sari 2 dukungan ganda, Bukit Intan 69 dukungan ganda, Gabek 5 ganda, Gerunggang 10 ganda dan yang menyatakan tidak mendukung dua orang serta Pangkalbalam 18 dukungan ganda.

“Sesuai dengan pasal 20, PKPU 15/2017 perubahan atas PKPU 3/2017 tentang pencalonan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, gub/wagub, bupati/wabup dan walikota/wakil walikota pasal 20 ayat 1, dalam hal ditemukan dukungan ganda, dihitung satu dukungan.

Ia pun berharap, KPU Pangkalpinang segera melakukan perbaikan verifikasi, sebelum pleno penetapan hasil verifikasi faktual dukungan tahap kedua.

“Karena ini masih dalam proses, divisi pencegahan dan hubal akan menyampaikan datanya ke KPU agar dilakukan perbaikan. Dan rekapitulasi tingkat kecamatan dilakukan 6-7 Februari. Dan kami akan menyampaikan kepada Panwascam, untuk dilakukan perbaikan ditingkat kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pangkalpinang M Yusuf ketika dikonfirmasi tadi malam mengakui, pihaknya telah menemukan adanya dukungan ganda ditingkat PPS. Namun, PPS langsung mencoret dan menyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

“Sudah kita temukan sebagian tadi ditingkat PPS. Kalau ditemukan ganda pada perbaikan tahap pertama, langsung TMS,” katanya.

Hingga kini lanjutnya, pihaknya terus mengkroscek jika adanya dukungan ganda, agar segera diperbaiki.(ron/7)

No Response

Leave a reply "Pilwako Pangkalpinang, Panwaslu Temukan Dukungan Ganda Paslon Rindu"