Pilkada Pangkalpinang 2018, Hanura Belum Tentukan Sikap

Serah Bendera-Ketua DPD Hanura Babel, Alexander menyerahkan bendera pataka kepada Ketua DPD Lasmura (Laskar Muda Hanura) Babel Syamsumin pada acara pelantikan pengurus DPD Lasmura Babel, Jum’at (3/11/2017).(foto: Roni Bayu)

DPD Lasmura Babel Dilantik

PANGKALPINANG – DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hingga kini belum menentukan sikap menjelang Pilkada Pangkalpinang 2018. Kendati terus melakukan komunikasi dengan partai politik (parpol), namun Hanura masih mengkaji parpol maupun calon yang akan diusung.

Hal itu seperti disampaikan Ketua DPD Hanura Babel Alexander Fransiscus kepada sejumlah wartawan, usai deklarasi DPD Lasmura (Laskar Muda Hanura), di Sekretariat DPD Hanura Babel, Jum’at (3/11/2017). “Untuk Pangkalpinang, sejauh ini kita masih tetap memantau dan juga masih termasuk wait and see. Baru nanti akan di-Running,” kata Alex.

Kendati santer diisukan berkoalisi dengan partai tertentu, Alex menegaskan belum ada mengerucut baik ke parpol dan calon tertentu. “Semuanya belum mengerucut, baik calon maupun koalisi. Kalau ada pihak yang mengklaim, silahkan dan sah-sah saja tapi kita belum ada rekom,” imbuhnya.

Beberapa kader Hanura yang sedang berkomunikasi dengan calon tertentu, ia mempersilahkan. Namun, hingga ada keputusan partai, kader wajib mentaatinya. “Silahkan, tapi ketika ada keputusan partai semuanya harus patuh. Sah-sah saja. Sampai sekarang, kami menunggu keputusan partai,” ujarnya.

Kendati di Pangkalpinang belum menentukan sikap, namun untuk di Kabupaten Belitung, Hanura telah mengantongi nama. Yakni, mendukung petahana Sanai Saleh (Sanem). “Di Belitung sudah bulat mengusung pak Sanem dan sudah mendapatkan rekom dari DPP Hanura. Untuk kabupaten Bangka, kita sudah komunikasi dengan beberapa partai dan pastinya kita akan koalisi dengan partai tersebut. Dan ada beberapa kader internal seperti Herman dan menurut kita dari partai menyiapkan untuk diusung. Disamping komunikasi dengan partai lain, dalam hal ini mengambil posisi 2,” katanya.

“Untuk Incumbent (Tarmizi-red), sampai sekarang belum terlalu jauh komunikasinya, tapi kalau DPC (Hanura) kita intens komunikasi. Kabupaten Bangka rencana koalisi. Ada kemungkinan-kemungkinan, dengan PDIP, Demokrat dan partai lain, ada kemungkinan,” pungkasnya.

Sementara itu, DPD Lasmura (Laskar Muda Hanura) Provinsi Babel resmi mendeklarasikan diri sebagai Orsap (Organisasi Sayap) Partai Hanura, di Sekretariat DPD Hanura Babel, Jalan Sudirman Pangkalpinang, Jumat (3/11/2017).

Ketua DPD Hanura Babel Alex Fransiscus mengatakan, Orsap Partai Hanura ini akan berkiprah sebagai garda terdepan, membantu roda organisasi partai. Terutama berperan melebarkan sayap partai, agar semakin besar dan dicintai masyarakat.

“Ketuanya (DPD Lasmura) pak Syamsumin Jauhari, beliau sudah membentuk struktur DPD dan beliau juga akan membentuk DPC se-Babel. Harapan kami dapat mengembangkan lagi partai Hanura ke masyarakat di Babel. Harapan Kami partai Hanura dapat semakin baik dipandang masyarakat Babel , penetapan seluruh pengurus, komunikasi dengan seluruh masyarakat, melayani masyarakat. Tentunya kita berharap, kedepan dengan hadirnya Lasmura ini, partai Hanura di DPD ini yakin lebih bisa menaikkan Grade,” ujar Alex Fransiscus usai melantik DPD Lasmura Babel.

Alex pun berharap, dengan terbentuknya pengurus DPD Lasmura hingga ke tingkat pengurus DPC tujuh kabupaten/kota, akan mempermudah kinerja DPD Partai Hanura. “Tugas Lamura ini, bersinergi dengan DPD, membantu kita di DPD dalam hal Opsap kita, kita di DPD Hanura terbantu sekali dengan hadirnya Lasmura ini. Untuk DPC (Lasmura) kita targetkan akhir tahun ini, kita bergerak membentuk seluruh DPC, tentunya harus sebelum Pileg sudah rampung,” yakinnya.

Sementara itu, Ketua DPD Lasmura Babel Syamsumin Jauhari menuturkan, bahwa hadirnya Lasmura di Babel untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, melalui kegiatan sosial kemaslahatan. Deklarasi Lasmura di Babel, merupakan deklarasi tingkat provinsi yang kelima se-Indonesia. “Kita deklarasi setelah Kalbar, Aceh dan lainnya, kita kelima. Minggu ini (besok) di Sulawesi Utara,” ungkapnya.

“Yang tergabung di Hanura ini, teman-teman dari berbagai latar belakang profesi, pengusaha, pengacara, pekerja dan lainnya. Nah kita harapkan mereka berinovasi dan berkreativitas, terutama untuk terus membesarkan partai Hanura. Rata-rata mereka ini sebelumnya tidak pengurus partai manapun, tapi sekarang sudah ber-KTA (Kartu Tanda Anggota) Hanura. Target kita setelah seminggu deklarasi, kita akan bentuk DPC seluruh kabupaten/kota,” imbuhnya.

Selain membentuk pengurus DPC, DPD Lasmura juga kedepan akan membentuk Koperasi Lasmura, LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Lasmura, Institut Lasmura, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Lasmura dengan menggandeng KADIN (Kamar Dagang Indonesia) dan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

“Sekarang untuk LBH Hanura sudah kita dirikan, kita himpun beberapa kader kita yang berlatar profesi pengacara. Kita akan bantu masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, nantinya juga di daerah yag akan melaksanakan Pilkada, jika ada sengketa di Pilkada mereka akan turun, baik itu terkait Money Politic maupun pelanggaran Pemilu lainnya,” pungkasnya. (ron/10)

No Response

Leave a reply "Pilkada Pangkalpinang 2018, Hanura Belum Tentukan Sikap"