by

Petani Tanjung Labu ‘Sedekah Ume’

Syukuri Panen Padi Sawah

LEPARPONGOK – Para Petani Sawah di Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar acara ‘Sedekah Ume’ di areal persawahan Kamis (15/4/2018).

Acara yang dihadiri langsung Bupati Basel Justiar Noer ini, merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas hasil panen padi masyarakat setempat. Ketua Gapoktan Maju Bersama Syahbirin mengungkapkan, sawah yang saat ini digarap oleh petani seluas 58 hektar. Sawah ini yang di garap 200 kepala keluarga dengan hasil panen sebanyak 4 ton per hektar. “Alhamdulillah hasil panennya lumayan, dapatlah 4 ton per hektar,” ungkapnya.

Wujud syukur atas panen padi tersebut, kata Syabirin, para petani sawah menggelar acara ‘Sedekah Ume’.

Sementara itu, Bupati Basel Justiar Noer yang hadir pada acara tersebut mengapresiasikan kegiatan tersebut sebagai wujud terima kasih kepada Allah SWT atas hasil panen bercocok tanam Berume yang melimpah sehingga diadakan kegiatan syukuran tersebut seperti yang dilakukan oleh Suku Laut (Suku Skak) yang mengadakan acara sedekah laut sebagai bentuk syukur atas hasil laut yang melimpah.

“Kegiatan ini sangat baik sekali sebagai wujud terima kasih kita kepada Allah SWT atas hasil bercocok tanam yang melimpah sehingga sudah sepantasnya kita mensyukurinya salah satunya dengan mengadakan acara syukuran ini,” ujar Justiar.

Kegiatan tersebut, menurutnya merupakan salah satu kearifan lokal di Kecamatan Lepong yang perlu di lestarikan sebagai bentuk syukur kepada sang pemberi nikmat Pada kesempatan tersebut Justiar juga mengajak masyarakat Lepong untuk terus mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan di wilayah tersebut sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU