Petani Lepong Berlomba-lomba Kerjakan Petak Sawah

  • Whatsapp
Camat Lepong Dodi Kusumah foto bersama Petani di area sawah di Kecamatan Lepar Pongok, tepatnya di Desa Tanjung Labu. Sawah seluas 80 hektar ini, sudah mampu panen sebanyak tiga kali dalam setahun dengan produktivitas sebanyak 4 ton per hektar pada tahun 2018 lalu.(foto: ist).

Sudah Panen Tiga Kali dalam Setahun

LEPONG – Sejak melaksanakan program cetak sawah pada tahun 2017, Petani di Kecamatan Lepar Pongok (Lepong) mulai berlomba-lomba untuk mengerjakan petak sawahnya.

Meskipun dengan kondisi pengairan dan Alsintan yang belum maksimal, Petani di Kecamatan Lepong khususnya di Desa Tanjung Labu sangat antusias untuk bersawah.

Bahkan hasilnya sangat maksimal. Sawah di desa Tanjung Labu seluas 80 hektar sudah mampu panen sebanyak tiga kali dalam setahun dengan produktivitas sebanyak 4 ton per hektar pada tahun 2018 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Lepong Dodi Kusumah, kepada wartawan pada Senin (18/2/2019).

“Alhamdulillah meskipun dengan berbagai keterbatasan, Petani kita di Desa Tanjung Labu sudah panen padi sawahnya tiga kali dalam setahun dengan produktivitas sebanyak 4 ton per hektar,” ungkap Dodi.

Dodi menuturkan, keberhasilan petani Tanjung Labu tidak terlepas dari motivasi yang tinggi serta kebersamaan yang erat saat bersawah. “Semangat petani yang luar biasa, menanam padi bersama sama, menjaga pengairan dan irigasi bersama, Alhamdulillah, hasilnya kita mampu memanen 3 kali dalm setahun,” kata Dodi.

Di sisi lain, Ia berharap, kedepan adanya perhatian yang lebih maksimal dari pihak terkait, terutama bantuan Irigasi dan Alsintan, agar lebih memberikan semangat bagi petani.

“Meski hasil panen cukup memuaskan, tetapi tentu kita berharap Pemkab Basel melalui DP3 dapat memberikan perhatian kepada petani kita, bantuan irigasi dan alsintan yang cukup dibutuhkan petani,;” imbuhya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel, Suhadi, saat dihubungi Wartawan pada Senin (18/2/2019) memberikan apresiasi kepada Petani Tanjung Labu yang telah semangat mengerjakan sawahnya hingga panen tiga kali dalam setahun.

“Kami sangat mengapresiasi semangat petani di Basel, khususnya di Tanjung Labu dalam mengerjakan sawah mereka. Meskipun baru setahun dicetak, mereka sudah panen tiga kali dalam setahun. Semoga ini memberikan motivasi bagi petani lainnya di Basel,” harap Suhadi.

Menurutnya, pihak DPPP Basel akan terus berupaya membantu mengatasi masalah Irigasi dan Alsintan agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani. (raw/3).

Related posts