by

Pertama Kali Pemdes Baru Rayakan Hari Jadi

Camat Manggar memberikan potongan nasi tumpeng kepada Kepala Desa Baru, dalam acara perayaan hari jadi ke-63, sekaligus perayaan untuk pertama kalinya yang dilakukan Pemerintah Desa Baru Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur.(foto: dny).

MANGGAR – Untuk pertama kalinya Pemerintah Desa (Pemdes) Baru Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan hari jadi ke-63 Desa Baru tahun 2018 yang berlangsung di Kantor Desa Baru, Rabu (18/7/2018).

Sekitar 200 orang ikut hadir dalam peringatan Hari Jadi Desa Baru tersebut, diantaranya Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kapolsek Manggar, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta warga masyarakat Desa Baru.

Hari jadi Desa Baru yang diperingati tanggal 18 Juli ini, mengangkat tema “Terwujudnya pemerintahan Desa Baru yang mampu mendorong memajukan dan memandirikan masyarakat dalam meningkatkan Desa Baru yang bebas kumuh dengan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat demi terwujudnya desa sehat maju dan sejahtera.”

Mislan Kadir selaku Kepala Desa Baru mengungkapkan, diperingatinya pertama kali Desa Baru merupakan momentum untuk evaluasi dan memantapkan komitmen bersama untuk bersinergi membangun Desa Baru.

“Desa Baru harus diperingati, supaya semua masyarakat tahu kita semua adalah pemilik desa ini, sehingga diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat berkontribusi untuk sama-sama membangun dan memajukan desa,” kata Mislan.

Diungkapkannya, Desa Baru merupakan salah satu desa di Kecamatan Manggar yang masuk kategori daerah pencegahan kumuh. Sebagai kawasan kumuh, artinya Desa Baru menjadi perhatian dari pemerintah untuk dikembangkan menjadi desa yang lebih baik.

“Kita jangan malu dicatat sebagai desa kumuh, karena Desa Baru punya banyak potensi, mulai dari jumlah penduduk yang banyak dan kawasan wisata bahari dan mangrove. Kalau kita masuk kategori desa mandiri, maka bantuan dari pemerintah pusat tidak ada lagi. Mari kita kelola dengan baik anggaran itu untuk pembangunan Desa Baru,” ujarnya.

Permasalahan permukiman kumuh menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, pihaknya mengharapkan adanya dukungan pemerintah kecamatan dan desa dalam menggerakkan partisipasi aktif serta kesadaran masyarakat dalam mendukung program kota tanpa kumuh.

“Inilah yang menjadi tantangan bagi pemerintah Desa Baru. Untuk menyelesaikan tantangan ini tentu diperlukan kolaborasi beberapa pihak, mulai dari pemerintah pusat, kabupaten sampai dengan tingkat desa, pihak swasta, masyarakat, dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Amiruddin selaku Camat Manggar yang baru pertama kalinya tampil dihadapan masyarakat Desa Baru mengatakan, hari jadi Desa Baru ini merupakan ajang silahturahmi dan saling introspeksi.

“Ini baru pertama kali sejak dilantik bulan lalu jadi Camat Manggar, anggap ini silahturahmi. Capaian pembangunan di Desa Baru merupakan hasil kerja bersama semua pihak. Pemerintah selalu berupaya terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Saya harapkan seluruh kades untuk menggerakkan seluruh komponen termasuk pemuda untuk berkreatifitas membangkitkan sektor unggulan di tiap desanya,” ungkap Amirudin mantan Plt.Kadis Perhubungan Beltim ini.

Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Baru, Pemdes setempat melaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba voli, lomba cipta menu sehat dan bergizi, senam lansia dan jalan santai. (dny/kmf/3).

Comment

BERITA TERBARU