Personel Damkar Bangka Siaga Hadapi Karhutla

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Kabid Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Sat Pol PP Kabupaten Bangka, Ahmad Fauzi menegaskan pihaknya siap dan siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu memasuki musim kemarau.

Berdasarkan data yang diterima dari BMKG, diperkirakan Bangka Belitung termasuk Kabupaten Bangka akan memasuki musim kemarau hingga September 2019 mendatang.

”Personel berikut mobil damkar Kabupaten Bangka siap siaga, kapanpun terjadi kebakaran, karena memang personel sudah mendapatkan pelatihan penangulangan kebakaran,” ujar Fauzi kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Masyarakat kata dia, jika mendapati atau mengetahui adanya kebakaran lahan atau hutan dapat langsung menghubungi Kabid Penangulangan Kebakaran dan Bencana Sat Pol PP Bangka, Ahmad Fauzi dengan nomor 0821-7857-2569.

“Bagi masyarakat yang ada di desa, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, tolong hubungi aparat desa, sehingga segera ditindak lanjuti menghubungi pihak pemadam kebakaran yang akan segera datang ke lokasi kebakaran,” katanya.

Selain itu, dia menambahkan, sebagai langkah antisipasi terjadinya kebakaran pihaknya berkoordinasi dan saling berkomunikasi dengan pihak terkait, seperti dinas kehutanan.

“Kami juga meningkatkan patroli ke daerah rawan terjadi kebakaran, sambil berkoordinasi dengan pihak kepolisian, aparat desa serta masyarakat. Kami juga meminta jika ada kebakaran lahan atau hutan dapat segera dilaporkan,” katanya.

Fauzi menegaskan, bila ditemukan ada unsur kesengajaan dan ditemukan pelaku yang sengaja membakar hutan dan lahan, pihaknya siap membawa ke ranah hukum. “Karena itu dapat dikenakan Undang-Undang tentang Kehutanan,”imbuhnya. (2nd/10)

Related posts