Persiapan Penjualan Lada di Bursa, Pemprov Perbaiki Laboratorium Pengujian

  • Whatsapp
Gubernur meninjau Laboratorium yang juga bisa digunakan berbagai komoditi, dan meningkatkan pendapatan daerah.(Foto: Nurul).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Langkah untuk mempersiapkan penjualan Lada melalui bursa, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) akan meningkatkan kapasitas Laboratorium Pengujian Lada.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, menyebutkan, untuk Perubahan APBD, pihaknya akan memasukkan anggaran peningkatan kualitas laboratorium.

“Kemarin, sebetulnya sudah dianggarkan melalui APBN, Rp 2 miliar, tetapi karena kondisi kita kayaknya APBN terhapus. Tetapi, karena ini sangat penting bagi daerah kita dan para petani, agar komoditi-komoditi kita ini memiliki nilai tambah,” ujarnya, disela kunjungan UPT Rumah Kemasan Disperindag Babel, Rabu (5/8/2020).

Saat ini, 9 parameter yang dilakukan pengujian. Dengan adanya peningkatan laboratorium, parameternya akan bertambah menjadi 11 sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca Lainnya

Erzaldi menjelaskan, ketika nanti pada diperdagangkan di bursa, otomatis kualitas lada harus ditingkatkan, salah satunya bebas bakteri salmonella dan ecoli.

“Keuntungan  di bursa, orang bisa membeli langsung, ada satu ketentuan yang biasanya disyaratkan oleh buyer dari Eropa dan Amerika biasanya yang minta Lada kita ini ada pengujian,  bebas dari bakteri salmonella dan ecoli. Untuk menguji itu, kita belum punya alatnya, makanya saya sampaikan tadi ini harus kita adakan,” tegasnya.

Disamping untuk syarat ekspor dan bursa, laboratorium ini juga bisa digunakan guna berbagai komoditi, dan meningkatkan pendapatan daerah.

“Ini juga bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan daerah di samping juga alat-alat untuk pemeriksaan komoditi-komoditi ekspor lainnya. Jadi, ini harus kita tingkatkan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Erzaldi juga melihat rumah kemasan UPT Disperindag, yang nantinya juga membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk agar lebih menarik dan berkualitas.(nov/r3).

Related posts