Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Perpustakaan SMKN 1 Kelapa Siap Capai Nilai Terbaik, DKPUS Beri Pembinaan

Kepala SMKN 1 Kelapa, Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Kelapa foto bersama Pustakawan DKPUS Babel.(foto: ist).
Kepala SMKN 1 Kelapa, Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Kelapa foto bersama Pustakawan DKPUS Babel.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, KELAPA – Perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), siap untuk bekerja keras mencapai nilai terbaik akreditasi yang akan dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) tahun 2021 ini. 

Hal itu diungkapkan langsung Kepala SMKN 1 Kelapa, Zaryati dihadapan Tim Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel saat pembinaan Perpustakaan SMKN 1 Kelapa, Kamis (4/3/2021).

Didampingi Agus selaku Kepala Perpustakaan dan Apra Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Kelapa, Zaryati mengaku optimis dan bisa mencapai nilai terbaik dalam penilaian akreditasi Perpustakaan SMKN 1 Kelapa oleh Perpusnas nanti. 

“Melalui pembinaan dari Tim Pustakawan DKPUS Provinsi Babel ini, kekurangan-kekurangan yang ada diusahakan dapat dilengkapi sebagaimana mestinya. Untuk mencapai nilai terbaik, perpustakaan sekolah harus memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Tingkat SMA, dan juga mengacu pada 6 komponen dalam instrument akreditasi,” ujar Zaryati. 

Ungkapan terima kasih juga disampaikan Kepala SMKN 1 Kelapa kepada DKPUS Babel yang telah memberikan pembinaan terhadap Perpustakaan SMKN 1 Kelapa dalam upaya mempersiapkan penilaian akreditasi Perpustakaan SMKN 1 Kelapa.

Sementara itu, Pustakawan DKPUS Babel Fatmawati menjelaskan secara detil apa saja yang harus dipersiapkan oleh Perpustakaan SMKN 1 Kelapa untuk dapat mengikuti penilaian, dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Dikatakannya, pelaksanaan akreditasi Perpustakaan di SMKN 1 Kelapa akan dilakasanakan dalam waktu dekat. Untuk itu, kata dia, pembinaan dari Tim Perpustakaan Provinsi sangat penting dilakukan.

“Salah satu unsur yang harus dipenuhi Perpustakaan SMKN 1 Kelapa adalah komponen tenaga perpustakaan, indikator keikutsertaan tenaga dalam organisasi profesi. Karenanya, kami merekomendasikan untuk mendaftar organisasi Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) ataupun Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI),” ujar Fatmawati. 

Terpisah, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin mengatakan, sudah menjadi tugas DKPUS Provinsi Babel untuk membina setiap perpustakaan yang ada di Babel. “Bagi siapa saja yang memerlukan pembinaan dan bimbingan dapat datang atau berkirim surat ke DKPUS Babel,“ kata Asyraf.

Selain memberikan pembinaan akreditasi perpustakaan, Tim Pustakawan DKPUS Babel di hari yang sama juga membuka layanan perpustakaan keliling di halaman SMKN 1 Kelapa. (rel/caca).

Diatas Footer
Light Dark