Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Perpustakaan ARSITA Desa Air Belo Raih Peringkat 5 Tingkat Nasional

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG - Setelah melakukan penilaian kepada Perpustakaan terpilih pada nominasi Grand Final, akhirnya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mengumumkan secara resmi para pemenang Perpustakaan Desa Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA Tahun 2020.

Melalui pengumuman virtual, Selasa (20/10/2020), Perpustakaan ARSITA Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berhasil meraih posisi di peringkat 5, atau berada di harapan II cluster A dengan nilai 589.

Sementara nilai tertinggi direbut Perpustakaan Harapan Bangsa Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dengan nilai 614.

Kepala Perpusnas RI, Syarif Bando menyampaikan apresiasinya kepada para peserta lomba, pengelola perpustakaan daerah, terutama pada Gubernur atau Bupati yang turut berkontribusi pada kegiatan ini.

"Esensi lomba ini, bukan pada piala yang didapat, tetapi bagaimana menggerakkan semua orang untuk membangun kualitas yang lebih baik," ujar Syarif.

Syarif juga mengharapkan adanya sinergitas antar wilayah atau provinsi yang diumumkan sebagai pemenang dapat dijadikan contoh.

Dijelaskan Syarif, pembangunan nasional dan visi Indonesia yang menuntut SDM unggul, berkualitas, produktif, inovatif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dicapai dengan peran perpustakaan.

“Lomba ini mempunyai tujuan diantaranya memberikan apresiasi kepada perpustakaan daerah yang mampu memenuhi standar nasional,” imbuhnya.

Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi mengatakan, materi Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Lomba Sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta mencakup 4 pilar, yaitu tenaga perpustakaan, koneksi perpustakaan, layanan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan penyelenggaraan perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan, termasuk didalamnya inovasi dan kreativitas masyarakat melalui perpustakaan.

Sebelumnya, Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin yang terus memberikan dukungan terhadap Perpustakaan ARSITA Air Belo, mengajak Perpustakaan Desa/kelurahan yang ada di Babel untuk tiada henti berbenah, baik dari sisi sarana, prasarana maupun Sumber Daya Manusia yang mengelola perpustakaan itu sendiri.

Ia berharap, dalam ajang lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan di masa mendatang, Babel bisa merebut yang terbaik. (rel/aliyah).

 

Diatas Footer
Light Dark