by

Perkuat Sinergi BUMN, Semen Baturaja Gandeng PT Timah

-Berita Kota-288 views
Dirut PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bersama Dirut PT Timah Tbk M Riza Pahlevi (tengah) menunjukkan nota kesepahaman usai ditandatangani di Graha Timah Pangkalpinang, Jum’at (14/9/2018). (foto: istimewa)

PANGKALPINANG- PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) akan menyuplai kebutuhan semen untuk proyek pembangunan di lingkungan PT Timah Tbk. Kerja sama kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR Rahmad Pribadi dengan Dirut PT Timah Tbk M Riza Pahlevi di Graha Timah Pangkalpinang, Jum’at (14/9/2018).

Dirut SMBR Rahmad Pribadi mengatakan kerja sama dengan PT Timah juga akan dilaksanakan di ranah transportasi air dan juga pengembangan usaha atau bisnis. “Kami juga akan terus menjajaki kerja sama lain yang dipandang perlu dalam rangka sinergi BUMN,” kata Rahmad.

Dia mengungkapkan BUMN yang dipimpinnya selama setahun terakhir memproduksi semen Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe-1, Portland Composite Cement (PCC) serta tipe semen lainnya. Dia menambahkan, jika SMBR memiliki pabrik di tiga lokasi yakni Lampung, Baturaja dan Palembang.

Saat ini, SMBR kata dia, semakin mengukuhkan diri untuk terus menjadi market leader di wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Tengah. Kedepan, Rahmad menambahkan manajemen memiliki target untuk menjadi leader di Pulau Sumatera maupun nantinya di Indonesia.

Pertumbuhan konsumsi semen di Sumatera yang menurutnya mencapai 5-8 persen, mampu dilampaui Semen Baturaja yang hingga saat ini bisa tumbuh hingga 12 persen. “Hal ini membuat kami masih memiliki peluang yang sangat besar untuk terus menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia,” katanya.

Saat ini, ditambahkan Rahmad SMBR tengah melakukan penetrasi untuk memasuki wilayah pasar baru, terutama di Bangka Belitung dan sekitarnya. Hal itu, kata dia, tercermin dalam Quick Win Intiatives atau Inisiatif Tiga Gajah yang telah dicanangkan oleh manajemen SMBR sebagai langkah strategis untuk mencapai target. Salah satunya, adalah dengan adanya sinergi BUMN.

Penandatanganan nota kesepahaman, kata dia adalah komitmen awal dalam rangka mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dan mampu memberi nilai tambah bagi perusahaan.
“Dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG),”katanya.

SMBR, dia menambahkan sebagai produsen semen milik negara bertugas menjamin kelancaran ketersediaan semen di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di Sumatera Bagian Selatan.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat menjamin kelancaran operasional masing-masing perusahaan,” katanya.

Dirut PT Timah M Riza Pahlevi dalam sambutan singkatnya menyambut baik kerja sama diprakarsai oleh PT Semen Baturaja. Menurutnya, ada beberapa potensi kerja sama yang bisa disinergikan antara PT Timah dan PT Semen Baturaja. “Semoga sinergi ini bisa berjakan dengan baik dan bisa berkelanjutan,” kata Riza.

Kerja Sama Transportasi

Pada kesempatan yang sama, Rahmad juga menandatangi Nota Kesepahaman tentang kerja sama Transportasi Logistik antara SMBR dengan PT Pos Logistik Indonesia (Poslog) dan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra).
Sekadar informasi, Poslog adalah anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero). Sedangkan TelkomMetra adalah adalah anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk.

Penandatanganan kerja sama tiga pihak (tripartit) juga dilakukan langsung oleh Dirut SMBR, Rahmad Pribadi, dan Dirut Poslog, Yuzon Erman, beserta Direktur Corporate Finance and Shared Service Roby Roediyanto.
SMBR menurut Rahmad akan menyuplai semen untuk proyek pembangunan di lingkungan Poslog dan TelkomMetra.

Sesuai nota kesepahaman, kerja sama, kata Rahmad, juga akan dilakukan dalam transportasi logisitik, termasuk penyediaan sistem digital platformnya.
“Dalam pengembangan usaha/bisnis, ketiga perusahaan juga menjalin kerja sama,” katanya.

Akuisisi Tambang Batubara

Terakhir, Rahmad mengemukakan SMBR juga melakukan penandatanganan Term Sheet Akuisisi Saham Tambang Batubara milik PT Selo Argodedali.

Rahmad menjelaskan jika akuisisi dilakukan sebagai bagian dari perencanaan dan langkah strategis manajemen SMBR.
“Dalam menghadapi volatilitas harga batu bara sebagai bahan baku,” katanya.

Rahmad mengatakan lokasi tambang batu bara yang akan diakuisisi sangat strategis dan dekat dengan pabrik existing.
“Nantinya batubara yang telah diproduksi akan bisa langsung digunakan,” ujarnya.

Selain para Dirut, acara penandatanganan juga dihadiri Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah beserta Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata I, Hendrika Nora Osloi Sinaga. (rls/10)

Comment

BERITA TERBARU