by

Perkuat Pengawasan Pemilu, Bawaslu Babel Gandeng Stakeholder

Penandatanganan nota kesepahaman antara Bawaslu Babel dengan sejumlah lembaga terkait pengawasan Pemilu di LPMP Babel, Kamis (foto:istimewa)

PANGKALPINANG – Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melibatkan beberapa lembaga di Babel, untuk membantu melakukan pengawasan Pemilu di media. Lembaga yang dilibatkan yaitu, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Komisi Informasi Daerah (KID) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pelibatan kerja sama tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman, terkait gugus tugas pengawasan, terutama di media cetak dan elektronik.

“Khusus di media elektronik, karena kewenangan itu ada di KPID, agar bersinergi dalam pengawasan yang dilakukan Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan kepada rakyatpos.com, usai penandatanganan nota kesepahaman bersama Stakeholders di LPMP Babel, Kamis (11/10/2018).

Dua minggu tahapan kampanye yang sudah berjalan menurut Edi, masih mengikuti norma dan batasan yang telah ditetapkan.

“Kampanye-kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu selama ini belum ada kegiatan yang luar biasa di Bangka Belitung. Ada juga sebagaian Parpol yang melakukan kampanyenya, tapi masih dalam batas-batas dan sesuai aturan yang telah ditetapkan. Sampai hari ini terkait kegiatan kampanye, belum ada temuan,” imbuhnya.

“Tapi ada sampai hari ini yang masih dilakukan kajian dan klarifikasi di Bawaslu Kabupaten Bangka, terkait pertemuan calon DPD dengan para kepala desa di Kabupaten Bangka. Kita tunggu saja proses dan hasilnya nanti. Kita harapkan ini dapat diselesaikan dengan aturan dan Bawaslu terkait penananganan pelanggaran dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu,” harapnya. (ron)

Comment

BERITA TERBARU