by

Perkiraan Investasi Pengusaha Singapura ke Belitung Rp12 Triliun

-Belitong-605 views
Dubes RI I Gede Ngurah Swajaya Berdiskusi Dengan Bupati Sahani Saleh, Staf Khusus Bidang Investasi Edi Kodri, dan Investor Singapura di HKM Juru Seberang, Belitung.(foto: dodi).

Dubes RI untuk Singapura Kembali ke Belitung
Bersama Rombongan Asal Singapura
Dubes: Seperti Janji Saya ke Bupati

TANJUNGPANDAN – Duta Besar (Dubes) Repulik Indonesia (RI) untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya Sabtu (19/01/2019) kembali mengunjungi Belitung. Kunjungannya kali ini, bersama rombongan pengusaha asal Singapura.

Bertempat di Ball Room Swissbel Resort Tanjung Binga, Bupati Sahani Saleh dan Wakil Bupati Isyak Meirobie melakukan pertemuan dan pemaparan peluang investasi dihadapan investor Singapura.

Para pengusaha tersebut memperkenalkan diri dan ingin menyaksikan langsung apa yang dimiliki Negeri Laskar Pelangi ini, untuk dilakukan kerja sama Investasi.

Kali ini, I Gede Ngurah Swajaya tidak hanya mengajak para investor saja, tapi juga mengajak Dubes Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar dan Dubes Chile untuk Singapura James Sinclair.

Selain itu, seluruh perangkat Kedutaan Besar Republik Indobesia (KBRI) Singapura juga ikut dalam Misi Bisnis Indonesian Incorporated ini. Diharapkan nantinya, mereka bisa membantu dalam mempermudah pengusaha tersebut untuk menanamkan modal di Belitung.

“Hari ini, saya kembali, seperti janji saya kepada bapak Bupati. Kita bawa misi bisnis dari Singapura untuk menjajaki investasi yang pertama sektor pariwisata, yang kedua sektor perikanan yang ada disini agar kita bisa dorong eksportnya, dan juga sektor-sektor lainnya yang tadi dipaparkan oleh Bupati,” kata I Gede Ngurah Swajaya kepada Rakyat Pos, Sabtu (19/01/19).

Menurutnya, para investor ini sangat berminat untuk melakukan investasi di Belitung. Meski para pengusaha ini, baru pertama kalinya mengunjungi Belitung, mereka sudah menunjukan apa saja bisnis yang akan mereka tanamkan disini.

“Nampaknya dalam diskusi tadi, minatnya cukup banyak. Karena mereka baru pertama kali lihat, mereka ingin tahu lebih banyaklah untuk Belitung ini,” jelas Ngurah.

Bupati Belitung Sahani Saleh alias Sanem menyambut baik keinginan para pengusaha singapura untuk berinvestasi di Beliting. Dikatakan olehnya, hal ini akan membuat Belitung berkembang dan maju secara pesat.

Sanem mengakui Staf Khususnya dalam bidang investasi, Edi Kodri sudah menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

“Baik sekali ya, karena mereka akan menanamkan modal di Belitung dengan jumlah uang yang cukup besar. Terutama dalam sektor pariwisata, perikanan, dan peternakan serta sektor-sektor lainnya,” kata Sanem.

Diperkirakan oleh Sanem, untuk berinvestasi sebanyak itu, investor Singapura akan menanamkan modalnya sebanyak Rp12 triliunan.

“Mungkin kurang lebih Rp12 triliun akan mereka tanamkan sebagai investasi di Belitung ini, seperti pembangunan Marina, Cool Storage, dan peternakan Unggas,” urainya.

Sebelumnya, Edi Kodri yang merupakan Staf Khusus Bupati Belitung bidang investasi menyambut langsung kedatangan Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya bersama rombongan investor di bandara HAS Hanandjoddien, Kamis (03/01/2019) lalu.

Kedatangan Dubes RI ini untuk yang kesekian kalinya. Ngurah kembali mengajak pelaku usaha asal Singapura untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Belitung. Ngurah terbang langsung dari Singapura ke Belitung menggunakan pesawat jet pribadi bersama rombongan.

Sebelum diperkenalkan dengan potensi pariwisata Belitung, Dubes dan para investor ini menghadiri Sidang Paripurna Istimewa penyampaian visi misi Bupati Belitung periode 2018-2023 di gedung DPRD Kabupaten Belitung.

Kunjungan pertama dilakukan ke HKM Seberang Bersatu di Desa Juru Seberang, Tanjungpandan. Dubes dan para pengusaha didampingi Edi Kodri mengelilingi Gusong Bugis untuk memperkenalkan potensi wisata di kawasan ini.

Rombongan kemudian melanjutkan kunjungannya ke Swiss Bellresort di Desa Tanjung Binga, Sijuk. Bagian belakang hotel terdapat kolam renang yang langsung menghadap pantai dari sana terlihat langsung Pulau Lengkuas dan mercusuarnya.

Ngurah berharap kunjungan para pengusaha dari Singapura ini akan ditindaklanjuti dengan penanaman modal di Belitung dalam bidang pariwisata. Menurut Ngurah, potensi di Belitung ini tak hanya pariwisata, namun juga produk kelautan yang bisa di ekspor ke Singapura.

“Dan juga potensi-potensi lainnya, misalnya kemungkinan produk perikanan dari sini langsung ke Singapura. Kan kita sudah mempunyai direct flight melalui Garuda, dan kita jajaki juga bukan hanya Singapura, tapi Malaysia juga,” kata Ngurah kepada Rakyat Pos, Kamis (03/01/19).

Ngurah menyebutkan, para pengusaha yang ikut dalam kunjungan ini sangat terkesan dengan potensi alam di Belitung. Para pengusaha ini ada yang baru kali pertama ke Belitung, namun juga ada yang sudah lebih dari satu kali ke Belitung.

“Bagi saya sudah beberapa kali, bagi temen-temen investor ada yang baru pertama kali. Saya kira mereka cukup berkesan,” tambah Ngurah.

Ngurah menambahkan, beberapa pengusaha dari Singapura sudah mulai menginvestasikan modalnya di Belitung. Beberapa pengusaha lain sudah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Belitung.

“Beberapa sudah mulai menyatakan minatnya, ada beberapa mau menanyakan, ini yang langsung datang melihat sendiri,” ujar Ngurah.

“Jadi ini salah satu yang berminat datang langsung melihat kesini, melihat langsung potensi yang ada. Ini nambah terus,” tambahnya.

Ditanya soal peluang Belitung untuk menggaet investor dari Singapura, Ngurah menyebutkan pemerintah daerah harus menyiapkan beberapa hal. Namun demikian infrastruktur jalan di Belitung mendapat pujian dari Ngurah sebagai modal penting menggaet investor.

“Secara fisik jalannya sudah bagus, tetapi dari sarana penunjang misalnya transportasi umum dan yang kedua sumber daya manusia melalui pendidikan kejuruan, sehingga standarnya internasional, bisa menangani turis-turis mancanegara,” pungkas Ngurah. (dodi/3)

Comment

BERITA TERBARU