by

Perjalanan Dinas PNS Pemprov Diperketat

Manfaatkan Aplikasi Si Karen
Yan: Rasionalisasi Arahan DPRD

Yan Megawandi

PANGKALPINANG- Pemprov Bangka Belitung (Babel) memperketat perjalanan dinas semua PNS di lingkungan Pemprov Babel. Bahkan, pemprov sudah menyiapkan aplikasi yang akan memantau perjalanan dinas yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekda Pemprov Babel Yan Megawandi mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka efisensi dan efektifitas anggaran tahun 2018, mengingat tahun ini kembali akan dilakukan rasionalisasi anggaran untuk menutupi defisit anggaran.

“Untuk perjalanan dinas, kita ada aplikasi Si Karen, untuk memantau semua perjalanan dinas di Babel, sehingga akan terpantau berapa kali perjalanan dinas yang sudah dilaksanakan, kemana saja dan hasilnya apa, uangnya berapa, nanti akan terlihat siapa yang paling sering jalan,” tegasnya, usai rapat tertutup dengan gubernur dan dirjen perbendaharaan Babel, Selasa (16/1/2018).

Yan menegaskan, rasionalisasi ini dilakukan berdasarkan arahan DPRD Babel dan Pemprov Babel katanya berupaya mengurangi pembiayaan yang dianggap tidak terlalu penting sehingga fokus anggaran tahun ini bisa terlaksana. “Kami sudah melakukan perintah dewan, kita sudah mengurangi perjalanan dinas, operasional, ATK (alat tulis kantor-red) yang tidak penting sudah kita lakukan,” sebutnya.

Pemprov Babel, sambung Yan, akan mencari dan menggali potensi lain untuk menambah pendapatan daerah, sehingga bisa lebih maksimal. “Rasionalitas yang kita lakukan serasional mungkin, fleksibel dan efisien, terkait pendapatan kan sudah disepakati, tinggal kita berusaha mencapai target yang sudah disepakati,” terangnya.

Pihaknya juga, tambah Yan, akan lebih sering menggelar rapat dan berkoordinasi dengan OPD terkait pelaksanaan pemerintah daerah dan evaluasi kendala yang dihadapi, serta membahas bersama potensi yang akan digali. (nov/10)

Comment

BERITA TERBARU