Periode Okmar Ditargetkan Tanam Padi 2.800 Hektar

  • Whatsapp
Toni Batubara

PANGKALPINANG – Kepala Dinas Pertanian Pemprov Bangka Belitung (Babel) Toni Batubara menargetkan, periode tanam padi Oktober-Maret (Okmar) mencapai 2.800 hektar. Jumlah periode tanam ini mengalami peningkatan dibandingkan Oktober tahun lalu.

“Kalau pada Oktober tahun lalu, luas sawah yang di tanam 2.486 hektar tersebar di seluruh kabupaten di Babel, tahun ini diprediksi ada peningkatan menjadi 2.800 hektar,” ujar Toni kepada wartawan, Selasa (9/10/2018).

Luas areal terbanyak, masih akan difokuskan di Bangka Selatan (Basel), karena di kabupaten ini merupakan sentra padi di Provinsi Babel.

Dari 2.800 hektar sawah yang ditargetkan ditanam dalam musim ini, menghasilkan hasil yang maksimal, mencapai 3 ton per hektar gabah kering giling.

“Ketika sudah memasuki musim penghujan, petani mulai menanam padi, kita berharap dengan perhatian dan perawatan padi kita menghasilkan lebih banyak,” imbuhnya.

Dinas pertanian, lanjut Toni meminta kepada seluruh petani memperbaiki saluran air, sehingga jika hujan, sawah yang di tanam tidak terendam, namun teraliri dengan baik.

“Karena kita masih mengandalkan sistem tadah hujan, makanya kita berharap ketika musim hujan betul-betul dimaksimalkan, mudah-mudahan kedepan bisa adanya perbaikan irigasi dan embung,” pungkasnya.(nov/10)

Related posts