Peringati Hari Nelayan, DP3 Basel Gelar Ngobrol Bareng Nelayan

  • Whatsapp

TOBOALI – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Bangka Selatan menggelar acara Ngobrol Bareng Nelayan di Balai Pertemuan Nelayan Batu Perahu, Jum’at (12/4/2018).

Kegiatan yang diinisiasi bidang perikanan bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Batu Perahu ini menghadirkan tiga narasumber Kepala DP3 Basel, drh. Suhadi, Kepala Kantor PT Jasindo Pangkalpinang, Sopian dan Mardi, dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan/Syahbandar Toboali.

Dalam obrolan tersebut, para nelayan menyinggung aktivitas pertambangan di laut yang menciptakan konflik dan diharapkan menjadi perhatian pemerintah daerah. Selain itu juga dibahas tentang program sertifikasi tanah bagi nelayan dan KUSUKA (kartu usaha nelayan kelautan dan perikanan).

Forum tersebut juga membahas tentang program asuransi nelayan mandiri dan terpercaya dengan premi Rp175 ribu per tahun dan klaim pertanggungan Rp200 juta jika terjadi kecelakaan di laut dan meninggal dunia. Permasalah kelengkapan dokumen kapal nelayan seperti Pas Kecil, SLO, SPB serta keselamatan nelayan pun turut dibahas.

Usai berdiskusi, acara dilanjutkan dengan pendaftaran kartu KUSUKA, gerai pendaftaran asuransi nelayan serta pengukuran kapal nelayan. (raw)

Related posts