Peringati Hari Konservasi Alam, SMPN 3 Air Gegas Tanam Pohon di Lahan Eks Tambang

  • Whatsapp
Penanaman pohon di lahan eks tambang Air Bara oleh siswa SMPN 3 Air Gegas, Jumat (foto:Dedy Irawan)

AIRGEGAS – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melalui ekstrakurikuler Pramuka mengadakan penanaman pohon di lokasi kolong bekas tambang timah yang ada di Desa Air Bara, Jumat (16/8/2019). Kegiatan ini  untuk memperingati Hari Konservasi Alam yang diperingati setiap 10 Agustus.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam melestarikan dan memperhatikan lingkungan sekitar. Karena dalam beberapa kurun waktu ini,  banyak terjadi perusakan alam.

Solbiah,  S. Pd selaku Pembina Ekstrakurikuler didampingi Muhammad Fajri, pembina OSIS SMP N 3 Air Gegas mengatakan bahwa seharusnya kegiatan ini dilakukan tanggal 10 lalu,  mengingat banyak kesibukan di sekolah kegiatan ini bisa terlaksana pada Jum’at 16 Augustus 2019.

Dia menambahkan  masyarakat luas harus tahu pentingnya mengkonservasi alam untuk keberlangsungan ekosistem. Dengan melestarikannya dapat mempertahankan keragaman hayati di lingkungan.

“Dahulu di kawasan ini banyak ditemukan berbagai macam jenis burung,  namun sekarang sudah jarang terlihat dikarenakan kerusakan alam” imbuh Solbiah.

Siswa-siswi yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini sangat antusias dalam pelaksanaan kegiatan.  Paling tidak, dengan melakukan kegiatan pramuka ini mereka telah mengaplikasikan nilai-nilai yang tertuang dalam Trisatya dan Dasadarma pramuka. Hal ini disampaikan oleh Amarsanda siswa kelas VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

“Dengan menanam pohon disekitar lingkungan ini,  kami sebagai pramuka telah menetapkan nilai-nilai yang ada pada Trisatya dan Dasadarma Pramuka,” paparnya. (raw)

Related posts