Peringatan Maulid Nabi Muhammad Jangan Sekedar Kegiatan Seremonial

  • Whatsapp
Foto bersama Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama Tokoh Agama Desa Sungai Buluh, Kecamatan Jebus, Bangka Barat. (foto: istimewa/hmsprov).

JEBUS – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H/ 2019 di Bangka Belitung, dimulai oleh Gubernur Erzaldi Rosman bersama masyarakat dan jemaah Masjid Jami’ Desa Sungai Buluh, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (08/11/2019) malam.

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana itu, menghadirkan Penceramah Agama Ustadz Roisul Muttakin.

Gubernur mengatakan, Maulid Nabi Muhammad ini adalah kegiatan yang membawa kebaikan. Oleh karena itu, Ia menganjurkan kegiatan serupa untuk terus dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad ini, kata Gubernur, jangan lagi dilakukan sekedar sebuah kegiatan seremonial belaka, namun harus mampu dijadikan sebuah momen spiritual bahwa Nabi Muhammad sebagai figur tunggal yang selalu mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup umat.

Di tengah Peringatan Maulid Nabi di Masjid Jami’ Desa Buluh, Gubernur menyampaikan rasa senangnya atas kehadiran anak-anak desa setempat.

“Saya sangat senang melihat banyak anak – anak di masjid ini. Apabila kita melihat orang tua di masjid itu sudah biasa, tapi kalau anak-anak tak biasa,” kata Gubernur.

Menurutnya, perihal perkara mati itu tidak pilih – pilih usia. “Biarkanlah anak – anak kita bermain di masjid. Orang tua jangan hanya menyuruh anak – anak ke masjid, tapi orang tua itu sendiri yang harus memberikan contoh agar selalu ke masjid. Sebab, otak anak – anak kita ini berkembang 70 persen saat usia 0 tahun sampai 7 tahun. Usia itu, anak – anak merekam apapun yang kita lakukan. Maka dari itu, saat masih anak – anak, isilah kegiatan anak – anak kita dengan yang baik – baik dan ajaran yang baik – baik,” pesan Gubernur.

Pada kesempatan sama, Gubernur juga menyinggung ekonomi daerah memang sedang turun. “Walau begitu, kita tapi harus tetap bersyukur, kita tidak boleh putus asa, salah satu solusinya adalah dengan terus sedekah. Banyak dari kita berasumsi ketika ekonomi lesu maka malas bersedekah. Padahal, untuk bersedekah itu, tidak mengenal saat kita kaya atu miskin. Sebab, sedekah itulah yang memancing rizki kita untuk datang,” ungkap Erzaldi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Masjid Jami’ Desa Sungai Buluh, Ustadz Zulfan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Erzaldi yang telah memulai “Safari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW” sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat yang dimulai dari Desa Sungai Buluh.

“Bagi kami, adalah kehormatan sekaligus satu kebanggaan, karena Bapak Gubernur bersedia datang di Desa kami,” ucap Ustad Zulfan.

Dipenghujung acara, Gubernur menantang anak-anak desa setempat membacakan Ayat – ayat Suci Alqur’an seperti Surat An-Najm, dan surat – surat pendek dalam Alqur’an lainnya, dengan bonus uang senilai 500 ribu rupiah.

Dilanjutkan dengan hiburan Kesenian Islami yang menampilkan para pemuda-pemudi Desa Buluh.(rell/imam/3).

Related posts