Peringatan Hari Kartini di TK Negeri Pembina Rangkui Meriah

  • Whatsapp
Kepala TK Negeri Pembina Rangkui, Arjuna beserta guru, siswa dan orangtua siswa usai lomba lomba fashion show anak dan orangtua memperingati Hari Kartini belum lama ini.(foto:istimewa)

Gelar Lomba Fashion Show Anak dan Orangtua

PANGKALPINANG -TK Negeri Pembina, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang belum lama ini menggelar lomba fashion show anak dan orang tua memperingati Hari Kartini. Menurut Kepala TK Negeri Pembina Rangkui, Arjuna lomba itu sengaja digelar sebagai bentuk kegiatan parenting.

“Melalui kegiatan tersebut dapat membekali generasi anak usia dini dengan budi pekerti yang luhur. Dengan adanya kegiatan parenting ini, kita ingin lebih mendekatkan diri antara anak dan orangtua terutama terhadap ibunya, karena pada prinsipnya pendidikan anak tak lepas dari peran orangtua,” ujar Arjuna usai acara.

Dia menuturkan, untuk kemajuan suatu lembaga PAUD sangat diperlukan kesadaran dan sumbangsih dari orangtua yang tergabung di dalam forum komite sekolah. Peran komite, kata dia, sebagai wadah persatuan orangtua untuk mendukung semua program yang sudah di rencanakan oleh pihak sekolah.

“Tanpa dukungan orangtua sekolah tidak bisa mewujudkan program-program dengan sendirinya.Terbukti pada peringatan Hari Kartini, komite bersama pihak sekolah telah berhasil melaksanakan parenting,” kata Arjuna.

Sebelumnya, lanjut Arjuna, forum komite ini telah bersama-sama memperindah sekolah dengan mengecat tembok, menghias kelas dan pekarangan juga menghias sekolah dengan menggunakan payung berwarna-warni.

Melalui sentuhan dan kerjasama komite, diakuinya, kini TK Negeri Pembina pun tampil indah dan cantik. “Ini merupakan perwujudan dari dukungan komite terhadap lembaga PAUD,” kata Arjuna.

Senada dengan Arjuna, Ketua Komite TK Negeri Pembina Rangkui, Ade Ayu Saputri menyatakan siap mendukung setiap program sekolah demi kelangsungan proses pembelajaran anak-anak.

“Tentunya kami sebagai orangtua sangat bangga jika bisa membantu sekolah dalam mendidik anak. Makanya kami buat sekolah ini tampil indah agar anak-anak lebih semangat dan giat untuk datang ke sekolah,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Jeanny Anepta, Pengawas TK Evi Silviani dan Bunda PAUD Kecamatan Rangkui, Puji Mulyani.

Dalam kesempatan ini, Jeanny Anepta menyebutkan bahwa makna dari peringatan Hari Kartini ini adalah mengingatkan perjuangan emansipasi wanita, sehingga kedudukan wanita saat ini menjadi sama derajatnya dengan kaum laki-laki.

Menurut Jeanny, persamaan hak dan kewajiban menjadi pertanda keberhasilan perjuangan Kartini sebagai pahlawan wanita.

“Peringatan Hari Kartini bukan hanya sekedar simbolik saja tetapi para pendidik harus membekali anak usia dini dengan budi pekerti yang luhur, kreatif, mandiri. Ini merupakan tanggung jawab yang besar antar orang tua dan pihak sekolah. Untuk itu perlu kerja sama yang baik antara keduanya melalui kegiatan Parenting seperti yang di laksanakan TK Negeri Pembina Rangkui,” kata Jeanny.(rls/10)

Related posts