Perdana, Perayaan HUT ke-74 RI Dipusatkan di Kantor Bupati Bangka

  • Whatsapp

Rangkaian Seremonial HUT RI Khidmat dan Lancar

SUNGAILIAT- Sejak dilantik 27 September lalu. Sedikit demi sedikit pembenahan dilakukan pasangan Mulkan-Syahbudin. Mulai dari penataan asset hingga pemantauan proses pengerjaan proyek di Kabupaten Bangka. Saat ini, Bupati pun merubah kebiasaan perayaan resmi HUT RI tidak lagi terpecah. Kini, seluruh seremonial yang tadinya dipusatkan di lapangan bina satria, mulai saat ini dipusatkan di Kantor Bupati Bangka.

Meski dipindahkan, kemeriahan perayaan HUT ke-74 RI tahun perdana di Kantor Bupati Bangka ini tak kalah khidmat dan sukses. Pelaksanaan mulai dari meramu cikal bakal kegiatan serangkaian HUT RI dirembug dan dilaksanakan di gedung yang dijadikan salah satu ikon Kabupaten Bangka. Pelatihan para paskibraka ke-74 tahun hingga pengibaran, penurunan serta serangkaian agenda resmi perayaan HUT RI tuntas digelar.

Adalah Bupati Bangka yang mencetuskan kembali perayaan HUT RI dilaksanakan di Pemkab Bangka karena kantor bupati merupakan salah satu simbol kejayaan dan kesakralan serta saksi perjalanan panjang pemerintahan dari generasi ke generasi. Sehingga, sudah selaiknya, prosesi demi prosesi perayaan HUT RI di Kabupaten Bangka dipusatkan di pusat pemerintahan Kantor Bupati Bangka.
“Kami merasa bersyukur tahun ini, tahun pertama menjadi bupati bisa melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan. Ada rasa bangga bisa menyelesaikan pengibaran bendera merah putih dengan sukses. Apalagi ini pertama kali di halaman kantor Bupati Bangka,yang mana biasanya di Stadion Bina Satria,” kata Bupati Bangka, Mulkan berbinar ketika dikonfirmasi usai pengibaran bendera di Halaman Kantor Bupati Bangka, Sabtu (17/8/2019).

Dimulai dari pengukuhan Paskibraka malam 15 Agustus, dilaksanakan dengan penuh haru dan khidmat, tak sedikit pasukan pengibar bendera meneteskan air mata kala mencium sang saka merah putih dan dikukuhkan sebagai pengibar pendera kabupaten.

Malam 17 Agustus pun dilaksanakan tepat pukul 24.00 Wib di Makam Pahlawan “Padma Satria” dipimpin Wakil Bupati Bangka, Syahbudin. Prosesi pengibaran, serenade, penurunan bendera dan resepsi tuntas dilaksanakan. Paskibraka menyerahkan bendera merah putih yang akan dikibarkan ke bupati di rumah Dinas Bupati Bangka yang kemudian dilanjutkan dengan Peringatan detik detik Proklamasi dengan inspektur upacara Bupati Bangka dan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Bangka Parulian Napitupulu. Dengan pemimpin upacara Komandan Rayon Militer Merawang Kapten Inf.Idhamudin.

Dikesempatan itu disematkan pula penghargaan kepada enam ASN yang masa pengabdiannya mencapai 30 hingga 10 tahun yang salah satunya Pj Sekda Bangka Akhmad Muksin. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada beberapa pengusaha yang sudah setia dan berjasa kepada pemerintah Pemkab Bangka.

Serenade yang merupakan puji pujian berupa nyanyian lagu lagu kebangsaan yang dinyanyikan bersama pun dilaksanakan sukses dan penurunan bendera dipimpin inspektur upacara Komandan Kodim 0413 Bangka, Letkol Arm.Risky Budianto dan bertindak sebagai komandan upacara Kanit Propam Polres Bangka Ipda Ardiansyah dengan perwira upacara Kasatpol airud Polres Bangka Endi AKP Elpiandi juga lancar dan sukses.

Malam harinya, merayakan kesuksesan para paskibra yang tuntas menjalankan tugas, digelar malam resepsi yang berlangsung dengan penuh suasana kekeluargaan dan keakraban. Turut hadir Forkopimda. Bahkan, Danlanal pun turut menyemarakkan suasana dimana dinyalakan pula kembang api sebagai rasa bahagia suksesnya rentetan hari peringatan kemerdekaan tahun ini.

Usai rentetan resmi acara kenegaraan. Dilanjutkan dengan menabur bunga di makam pahlawan. Prosesi tabur bunga yang juga dipimpin Bupati Bangka, Forkopimda, Ketua PKK Kabupaten Bangka serta segenap OPD berlangsung lancar dan haru.

Disini, Bupati dan wakil Bupati Bangka memberikan santunan kepada veteran dan janda pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan dengan darah dan nyawa mereka. Dilanjutkan anjang sana di Lapas Bukit Semut, Bupati Bangka membacakan pidato Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly dan mendengarkan pembacaan keputusan pemberian remisi kepada 206 napi. (dinkominfotik)

Related posts