Peranan Penting Bagi Terbentuknya Moral Pemuda

Oleh : Aurelia Yuandini
Siswa Kelas Beasiswa SMA N 1 Pemali, Bangka

Moral adalah suatu tata cara atau tingkah laku baik dan buruk seseorang berdasarkan pandangan hidup dan agamanya. Lalu apa hubungannya moral dengan penerus bangsa? Moral sangat terikat kuat dengan penerus bangsa. Berkembangnya suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh moral penerus bangsanya itu sendri. Jika moral penerus bangsa hancur, maka hancurlah bangsa tersebut. Namun mirisnya, belakangan ini, moral penerus bangsa kita mulai surut tergerus oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi yang seharusnya beriringan dengan berkembangnya suatu bangsa malah menjadi bumerang yang berbalik menghancurkan moral penerus bangsa. Ini bisa jadi dikarenakan kurangnya bimbingan dari orang tua, dan pergaulan pemuda masa kini yang semakin sulit dikontrol.
Seperti yang kita ketahui sekarang sudah sangat banyak perkembangan teknologi yang memudahkan aktivitas manusia. Salah satunya yaitu gadget atau smartphone yang semakin canggih. Memang, banyak sosial media yang dapat diakses melalui smartphone. Dengan sosial media kita dapat melihat dan mengetahui apa saja dengan cepat, bahkan yang berada di luar negeri sekalipun. Tetapi, kecanggihan dan kemudahan ini, malah dipergunakan secara tidak bijak oleh pemuda masa kini. Banyak dari mereka yang dengan sengaja membuka atau mengakses akun dan situs – situs yang tak pantas. Tidak hanya itu, mereka juga meniru dari mulai gaya berbicara hingga gaya berpakaian hampir semuanya ditiru tanpa di filter terlebih dahulu.
Misalnya, mereka membuka situs yang mengandung unsur budaya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya kita. Sebagai contoh berbusana yang minim dan pergaulan bebas. Pemuda masa kini akan dengan cepat menyerap itu semua tanpa melihat sisi negatifnya. Mereka juga ada yang merasa bahwa budaya seperti itu patut ditiru, karena mereka akan dianggap keren dan trendy. Yah, mereka seringkali memamerkan foto dengan menggunakan pakaian dan pose tak pantas yang tidak sesuai dengan budaya timur ke akun sosial media pribadi milik mereka. Belum lagi gaya bicara mereka yang tidak lagi mempunyai batas dan sopan santun. Mereka juga biasanya suka menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang- barang yang sedang kekinian hanya demi gengsi untuk dipamerkan di sosial media.
Parahnya lagi, kebanyakan orang tua sekarang juga tidak cukup tegas untuk mendidik anak- anaknya. Mereka terlalu memanjakan anak- anaknya mengatasnamakan kasih sayang. Padahal, didikan seperti itulah yang semakin memperparah rusaknya moral pemuda masa kini. Dengan didikan seperti itu, mereka malah menjadi manja dan konsumtif. Mereka juga menjadi kurang menghargai jerih payah orang tua mereka. Tak sedikit dari mereka yang memperlakukan orang tua mereka seperti teman sebayanya. Tak punya sopan santun dan arogan, seolah menjadi ciri khas pemuda masa kini. Mereka bahkan bangga di cap sebagai anak nakal. Jika sudah seperti ini, kita tidak dapat menyalahkan siapapun. Semuanya kembali lagi kepada bagaimana didikan orang tua dan lingkungan mereka.
Seharusnya, orang tua dapat lebih tegas untuk mendidik anak-anak mereka agar menjadi pemuda yang lebih baik budi pekertinya dan tidak mudah dipengaruhi dampak negatif lingkungan sekitarnya. Selain itu, orang tua dapat membimbing anak- anak mereka untuk menemukan bakat dan potensi mereka dengan kegiatan- kegiatan yang positif. Misalnya mendukung dan memfasilitasi hobi mereka yang positif. Lalu, mengarahkan mereka untuk berpikir sebelum bertindak dan mengetahui mana yang positif dan mana yang negatif. Karena sejatinya para pemuda masa kini sedang gencar- gencarnya mencari jati diri mereka yang sesungguhnya. Karena itulah rasa ingin tahu dan rasa ingin mencoba segala hal itu sangat tinggi. Jadi, mereka benar-benar membutuhkan bimbingan dari orang tua mereka agar tidak tersesat ke arah yang salah. Selain itu, pendidikan formal yang didapatkan dari sekolah juga memiliki peranan penting bagi terbentuknya moral pemuda yang berkarakter, sehingga dapat menggunakan teknologi sesuai kebutuhan dan perkembangan bangsa.(****).

 

 

No Response

Leave a reply "Peranan Penting Bagi Terbentuknya Moral Pemuda"