by

Penyelenggara Pemilu Harus Tetap Profesional

-Politik-37 views

PANGKALPINANG – Menjelang pilkada serentak 2018, penyelenggara pemilu harus tetap profesional dalam mensukseskan pesta demokrasi ini, termasuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih. Karena salah satu tujuan pendidikan politik yang lebih bersifat nyata dan rasional adalah meningkatnya partisipasi rakyat dalam pemilihan.

Hal itu diungkapkan Sabpri Aryanto selaku kordinator wilayah JPPR Bangka Belitung (Babel), dalam rilisnya kepada Rakyat Pos, kemarin (6/2/2018).

Sabpri Aryanto juga mengatakan, pendidikan politik itu sebagai aktivitas untuk membentuk dan menumbuhkan
orientasi politik pada individu, meliputi keyakinan konsep yang memiliki muatan politis,loyalitas dan perasaan politik, serta pengetahuan dan wawasan politik yang menumbuhkan seseorang memiliki kesadaran terhadap persoalan politik dan sikap politik.

Apalagi pemilih, lanjut dia, sebenarnya membutuhkan penjelasan tentang apa pemilu, demokrasi, hak-hak rakyat, kewajiban warga negara, bagaimana pemilu yang berkualitas, serta bagaimana agar warga negara bisa ikut berpartisipasi secara bertanggung jawab dalam pesta demokrasi.

“Pendidikan politik ini harus diberikan secara berkelanjutan dan tidak bisa hanya menjelang pelaksanaan pemilu saja. Karena masyarakat juga ikut mengawasi pilkada serentak demi mewujudkan pengawasan dan penyelenggara yang berintegritas dalam menciptakan Pilkada Serentak yang berkualitas,” imbuhnya (rls/3)

Comment

BERITA TERBARU