Penyeimbang Jasmani Rohani, LPKA Pangkalpinang Berikan Pembinaan Mental Spiritual

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Kegiatan pembinaan mental spiritual di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang tak hanya diberikan kepada anak didik pemasyarakatan (Andikpas) saja, namun juga diberikan kepada seluruh pegawai.

Seluruh pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang dengan sangat antusias mengikuti kegiatan pembinaan mental spiritual yang diberikan oleh Ustadz Indra Yasin di Masjid At-Taubah LPKA Kelas II Pangkalpinang, Jumat (10/07).

Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang, Nanang Rukmana menyampaikan bahwa pembinaan mental spritual pegawai ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan karena pengajian ini dalam rangka penyeimbang antara jasmani dan rohani.

“Rohani juga butuh asupan agar kita senantiasa mendekatkan diri dan tetap bertawakal kepada Allah karena apa yang telah kita alami dan miliki hingga saat ini adalah atas kehendak-Nya. Jangan sampai jasmani kita mengkonsumsi makanan bergizi, namun rohaninya tidak.,” ungkap Nanang dalam rilis yang diterima rakyatpos.com, Minggu (12/7/2020).

Baca Lainnya

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh pegawai dan Andikpas untuk selalu berbuat kebaikan.

“Semoga apa yang kita lakukan ini mendapat berkah dan mendatangkan kebaikan, serta pahala bagi kita semua,” harap Nanang.

Sementara Ustadz Indra Yasin dalam tausyiahnya menguraikan bahwa, semakin pandai seseorang bersyukur kepada Allah, maka nikmatnya akan ditambah. Sebaliknya apabila orang itu kufur, maka nikmatnya akan diambil.

Selain itu ia juga menjelaskan ada enam hak yang harus diberikan kepada saudara sesama muslim. Pertama, jika berjumpa dengan sesama muslim, maka ucapkan salam.

“Kedua, jika sesama muslim meminta nasihat, maka berikan nasihat kepadanya karena nasihat itu bermanfaat bagi orang-orang beriman. Jangan pernah curhat dimedia sosial, karena akan mendatangkan permasalahan yang baru,” pesan Indra.

Oleh sebab itu dia mengingatkan, jika diundang, maka penuhilah undangan tersebut.

“Jika seorang muslim bersin dan ia mengucapkan alhamdulillah, maka orang yang mendengarnya doakan dia. Apabila kita berhalangan hadir maka temuilah yang mengundang, sampaikan kepadanya bahwa kita berhalangan hadir karena suatu hal,” imbuhnya.

Dia menambahkan, jika ada saudara, tetangga maupun rekan yang sakit maka jenguklah dia. Berikan motivasi kepadanya dan doakan dia agar diberikan kesembuhan.

“Hak yang terakhir adalah jika ada saudara kita sesama muslim yang meninggal dunia, maka antarkan jenazahnya. Semoga Allah selalu mudahkan setiap urusan kita, melapangkan hati kita dan meringankan langkah kita dalam kebaikan,” pungkas Indra medoakan. (bis)

Related posts