Penumpang Pesawat Turun Drastis

  • Whatsapp

Angkasa Pura II Depati Amir Merugi
Dampak Kenaikan Harga Tiket

Pangkalpinang – Periode Januari hingga April 2019, PT. Angkasa pura II cabang Bandara Depati Amir, mengalami penurunan pendapatan, hal ini imbas dari melonjaknya harga tiket pesawat.
General Manager PT. AP II cabang Bandara Depati Amir, Chuanda mengakui, bahwa sejak harga tiket pesawat naik, ditambah adanya penurunan frekuensi penerbangan, membuat pendapatan BUMN ini menurun.
“Ya Januari – April, karena harga tiket penumpang turun 30 persen, pendapatan turun 13 persen, dan pesawat turun 25 persen,” kata Chuanda, Senin (20/5/2019) sore.
Dengan adanya kebijakan penurunan tarif batas atas tiket pesawat sesuai dengan KM 106 Tahun 2019, ia berharap gairah penebangan kembali naik sehingga angkasa pura tak lagi merugi.
Terkait penurunan TBA ini, cabang Depati Amir tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengecekan harga tiket tetapi yang punya kewenangan adalah otoritas bandara wilayah VI, Cabang Depati Amir lanjutnya hanya memonitor.
“Mudah-mudahan seiring penurunan TBA ini, kondisi penerbangan menjadi membaik,” ujarnya.
Ia melihat, beberapa maskapai juga sudah mulai melakukan penyesuaian-penyesuaian harga sesuai TBA tersebut.
Disinggung menjelang lebaran, apakah ada maskapai yang menambah penerbangan, Chuanda menyebutkan sejauh ini baru satu rute yang akan ada extraflight, yakni tujuan Palembang.
“Angkutan lebaran memang diprediksi mengalami kenaikan, tetapi mungkin tidak seperti tahun lalu, sampai saat ini baru satu rute yang ada extraflight, yakni ke Palembang,” pungkasnya. (nov/6)

Related posts