Pentingnya Menanamkan Jiwa Pengusaha

No comment 133 views


Oleh: Zakiyah
Mahasiswa Sosiologi Fisip UBB

Zakiyah

Sekarang, kita tahu semakin bertambahnya penduduk, maka akan semakin banyak pula yang membutuhkan pekerjaan. Tetapi, untuk saat ini, mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Tanpa ada skill atau kemampuan yang lebih tidak akan mudah mendapatkan pekerjaan, ditambah lagi sekarang ini zamannya pendidikan. Realitanya lulusan sarjana pun masih banyak yang menganggur atau belum mendapatkan pekerjaan sampai sekarang. Memang, pendidikan bukan menjadi tolak ukur untuk menjamin kesuksesan seseorang, karena pada kenyataannya banyak orang yang sukses malah tidak pernah sama sekali mengenyam masa-masa di bangku perkuliahan, hanya sampai mengenyam di bangku SMA atau sederajatnya.
Akan tetapi, walaupun tamatan SMA atau sederajatnya, mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan, dan berani menggambil resiko yang akan terjadi nantinya, serta bisa membantu orang banyak dengan lapangan pekerjaan yang diciptakannya. Contohnya, para pengusaha yang mampu memperkerjaan beberapa orang bahkan puluhan.
Para pengusaha yang sukses pada umumnya memang tidak langsung diawal membuka usahanya langsung sukses begitu saja, tapi sebelum sukses banyak tantangan, rintangan dan masalah yang harus diatasi dan dihadapi dengan baik, agar tidak salah melangkah dalam mengambil tindakan dan keputusan yang selanjutnya.
Menjadi pengusaha juga sering mengalami masa-masa jatuh bangun. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa membuat para pengusaha mudah menyerah dalam membangun usahanya agar lebih baik lagi. Dengan jatuh bangun tersebut bisa dijadikan motivasi agar lebih jeli lagi terhadap usaha yang dibangun dengan cara melihat dan memikirkan apa-apa saja yang kurang dalam usahanya sehingga sampai jatuh.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang sering membiasakan anak-anaknya kalau sudah selesai sekolah/kuliah memberi masukan pada anaknya untuk bekerja di tempat inilah, itulah, jangan hanya memberi masukan pada anak untuk bekerja dimana ia nantinya, tapi coba juga sarankan kalau anak benar-benar ada niat, ada modal dan disertakan dengan keyakinan pada diri anak untuk membuka usaha sendiri. Berilah anak-anak tersebut dukungan, jangan malah membuat anak berkecil hati sehingga jadi minder dan menghilangkan dalam pikirannya untuk menjadi seorang pengusaha.
Pentingnya menanamkan jiwa pengusaha, karena kita ketahui sendiri lapangan pekerjaan sekarang tidak sebanding dengan lulusan sarjana setiap tahunnya. Sedangkan di setiap instansi/lembaga baik itu pemerintah/non pemerintah hanya membutuhkan beberapa orang saja di instansi/lembaga tersebut. Dengan demikian yang lulusan sarjana lainnya bagaimana dan mau dikemanakan? Tentunya yang lainnya jelas akan menganggur/tidak bekerja jika tidak mau berusaha membangun usaha sendiri.
Selain itu, apa pentingnya menanamkan jiwa pengusaha? Sekarang, kita ketahui sendiri bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup membutuhkan biaya yang lumayan besar, karena bahan pokok pada naik. Diukur dengan gaji yang didapatkan setiap bulannya terkadang lebih besar pengeluaran dari pendapatan, karena gaji yang didapatkan memang tidak seberapa kalau dinilai dengan uang sekarang.
Apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai beberapa anak, maka akan bertambah pengeluaran dalam setiap bulannya, karena untuk membiayai pendidikan anak-anaknya bukan sedikit biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya.
Maka dari itu, tanamlah dari sekarang untuk menjadi seorang pengusaha. Kalau memang benar-benar sudah matang baru direalisasikan. Jangan pernah takut mencoba apalagi gagal. Jika ingin sukses harus berani menerima resiko yang akan didapatkan, serta jangan pernah takut bermimpi menjadi pengusaha selagi ada usaha dan do’a yang dilakukan.
Bisa menjadi seorang pengusaha merupakan keberuntungan yang tak banyak bisa didapatkan orang. Tapi, bukan sedikit pula para pengusaha yang jatuh bangun, dari jatuh bangun tersebutlah membuat para pengusaha tetap yakin untuk meneruskan usahanya. Karena, dalam hidup saja kita tidak lepas dari masalah, apalagi dalam sebuah usaha pasti akan ada masalah yang ditempuh.(****).

 

No Response

Leave a reply "Pentingnya Menanamkan Jiwa Pengusaha"