Penilaian BOCA, PMI Pangkalpinang dan Bangka jadi Target

  • Whatsapp
Penyerahan hasil Boca ke Pengurus PMI Kabupaten Bangka.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Branch Organization Capacity Assesment (BOCA) sejak tanggal 23-28 November 2020 di Sun Hotel, Pangkalpinang.

Kegiatan yang  diikuti sebanyak 6 orang peserta dari PMI Kabupaten/Kota di Babel, dan 1 orang narasumber dari PMI Pusat itu, merupakan merupakan kegiatan untuk menilai  kapasitas organisasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Read More

Achmad Djaelani, Fasilitator dari PMI Pusat menjelaskan, tujuan BOCA adalah untuk menilai kapasitas dan kinerja organisasi, menilai kekuatan dan kelemahan organisasi, menyepakati prioritas pengembangan organisasi.

Penilaian organisasi sangat perlu dilakukan, karena dalam matrik penskoran BOCA ada 5 kapasitas inti dan 34 topik yang dinilai. Inti adalah Kapasitas untuk Eksis, kapasitas untuk mengelola, kapasitas untuk berelasi dan mobilisasi, kapasitas untuk berkinerja, serta kapasitas untuk bertumbuh.

Sedangkan 34 topik yang dinilai, dijelaskannya, adalah tujuh prinsip dasar Gerakan, Lambang, Keanggotaan, Musyawarah Cabang, Pengurus Cabang, Perencanaan Cabang, Otonomi, Keselamatan dan keamanan, Manajemen staf, Perekrutan relawan, Pengakuan dan Retensi relawan, Pencatatan data relawan, Keterlibatan pemuda, Keberagaman, Infrastruktur, Manajemen keuangan.

Selanjutnya, Penganggaran dan efisiensi biaya, Sistem informasi keuangan dan pelaporan, Manajemen pencatatan, Logistik, Identifikasi kegiatan, Perencanaan dan evaluasi, Pelaporan, Pembagian informasi dan pengambilan keputusan, Koordinasi Eksternal, Komunikasi Eksternal.

Berikutnya, kata Djaelani, Keterlibatan masyarakat, Keberagaman sumberdaya, Jaringan Palang Merah diakar rumput, Keberlanjutan kegiatan, Beradaptasi terhadap berbagai kebutuhan dan prioritas, Pembelajaran dan adaptasi, Resolusi konflik, serta Dukungan bagi perkembangan Perhimpunan Nasional.

Arbian Eka Putra Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Babel menambahkan, pelatihan ini, dilaksanakan dengan harapan peserta dapat paham tentang teknik penilaian organisasi, sehingga dapat menjadi fasilitator BOCA atau penilai kapasitas organisasi PMI di tingkat Provinsi ataupun di Kabupaten/Kota.

Untuk praktek penilaian  BOCA tingkat Provinsi Babel selama 2 hari ini, PMI Pangkalpinang dan PMI Kabupaten Bangka ditunjuk menjadi target.

Wahyono peserta pelatihan yang juga Sekretaris PMI Pangkalpinang mengaku selama ini sudah melaksanakan sesuai aturan organisasi PMI di tingkat cabang, ternyata masih banyak yang perlu pembenahan, termasuk masalah administrasi dan kegiatan-kegiatan lainnya.(rel).

Related posts