Penguatan Yankes, Dinkes Bangka Gelar Koordinasi Pos UKK

  • Whatsapp

Para Kader Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) saat menghadiri Koordinasi Pos UKK yang digelar Dinkes Bangka.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT – Dalam rangka penguatan layanan kesehatan (Yankes) bagi pekerja dan penguatan kebijakan manajemen kesehatan kerja di wilayah Kabupaten Bangka, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, menggelar koordinasi Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) bersama para kader yang mewakili setiap pemilik usaha Informal dan UMKM sebanyak 30 kader Pos UKK.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti yang membuka kegiatan pada Jumat (28/8/ 2020) di Hotel ST 12 Sungailiat, mengatakan, peran elemen kelompok pekerja informal (usaha mandiri dan kecil) dalam memutus rantai penularan Covid-19 dari sisi manejemen, yaitu menetapkan kebijakan, memfasilitasi tempat kerja yang aman dan sehat, melakukan pemantauan kesehatan secara proaktif.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi pada pekerja, dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan apabila menemukan kasus positif Covid-19.

Untuk itu, ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan, peran dan tugas kader Pos UKK sangat diperlukan, dalam upaya  pencegahan penanggulangan Covid-19 di dunia usaha.

Baca Lainnya

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Bangka, Arlis Danita menambahkan, setiap pekerja harus menerapkan protokol kesehatan dari rumah menuju ke tempat kerja.

Di tempat kerja dan kembali pulang dari tempat kerja, lanjut dia, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir serta selalu menjaga kesehatan dengan makan gizi seimbang dan istirahat cukup, itulah bagian dari protokol kesehatan.

Adanya koordinasi Pos UKK ini, khususnya di kelompok pekerja Informal (Usaha Mandiri dan Kecil) utamanya di dalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja, agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19, serta pengaruh pengaruh buruk lain yang diakibatkan oleh pekerjaan.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan ini, tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun yang sudah disediakan oleh pihak panitia pelaksana kegiatan.(rel).

 

Related posts