Pengelola Jasa Wisata Diminta Utamakan Keselamatan

  • Whatsapp

PANGKALPINANG- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, mengingatkan para pemilik atau pengelola tempat wisata di daerah itu agar lebih memperhatikan keselamatan pengunjung apalagi pada musim liburan saat ini.

Hal ini diingatkan dia, setelah adanya korban jiwa di beberapa lokasi tempat wisata yang ada di Babel. Menurutnya, hal tersebut karena bisa saja kurangnya pengawasan dari pihak pengelola.

Untuk peristiwa terbaliknya perahu yang mengangkut wisatawan, Fatah menyebutkan, sebetulnya para pelaku moda transportasi harus mendapatkan sertifikasi terlebih dahulu, baru bisa mengangkut penumpang.

“Safety atau keselamatan harus diutamakan, saya enggak tau apakah perahu yang digunakan itu perahu motor yang betul-betul standar atau belum, sudah dikumandangkan jauh hari, bahwa perahu pengangkut penumpang harus berstandar,” tegasnya, Senin (10/6/2019).

Tak hanya itu, ia juga meminta, agar pengelola jasa angkutan laut dan perairan untuk menyediakan life jacket dan mewajibkan penumpang menggunakannya serta tidak mengisi kapal dengan penumpang secara berlebihan.

“Kesadaran para pembawa perahu, kalau kapasitas sudah melebihi ya jangan, kemudian masyarakat kenapa mau naik kalau sudah over load, ini menjadi gambaran jangan memaksakan diri, rupayanya orang Babel ini mau dicontohkan dulu, baru mau nurut,” tandasnya.

Selain itu, dia juga meminta, agar pengelola jasa wisata untuk menempatkan petugas pengawas yang lebih banyak ketika pengunjung membludak.

“Harus ada penjaga pantai, atau penjaga tepat wisata yang patroli dan mengontrol kondisi di tempat wisata, apabila ada yang tidak pas, ini akan cepat diketahui,” sarannya.

Dia mengaku turut prihatin dan berduka, atas musibah yang terjadi pada saat libur lebaran, baik di Pasirpadi Bay yang menelan korban, juga di Pulau Lengkuas dan Ketawai.

“Kedepan kami akan perkuat lagi pengamanan dan mengingatkan agar keselamatan ini menjadi hal yang utama dan posko kesehatan yang harus ada,” pungkasnya.(nov/10)

Related posts