Pengadaan Buku Perpustakaan 2016, Janggal

  • Whatsapp
BUKU PENGADAAN – Beberapa orang pengunjung perpustakaan Toboali Bangka Selatan, terlihat sedang mengecek kondisi buku pengadaan tahun 2016 yang diduga bermasalah, lantaran sebagian buku pengadaan itu ditemukan terbitan tahun lama. (foto: raw)

Banyak Ditemukan Terbitan Tahun Lama
Sebagian Tidak Dipajang ke Rak Buku

TOBOALI – Pengadaan buku perpustakaan tahun 2016 pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Selatan ada kejanggalan.
Sebab hasil pantauan wartawan saat berkunjung ke Perpustakaan, Kamis (18/5/2017), mendapati sejumlah buku terbitan lama tahun 2005, 2006 dan 2008.
Di perpustakaan itu, sebagian buku masih terdapat di dalam dus, dan ada sebagian lagi sudah berada di meja, namun belum dipajang ke rak–rak buku yang tersedia.
Menurut dua pengurus perpustakaan, buku–buku di atas meja sedang dalam proses pendataan, pendaftaran, hingga penyampulan.
“Memang buku itu belum dipajang karena masih didata, didaftar, kemudian disampul,” ujarnya.
Ditanya mengapa sebagian buku pengadaan tahun 2016 namun ada terbitan tahun 2005, 2006, dan tahun 2008? “Kita tidak tahu masalah itu pak, kita ini hanya pengurus perpustakaan saja,” jawabnya.
Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustaan Daerah Kabupaten Basel, Eddy Supriyadi mengakui tidak mengetahui tentang pengadaan buku tahun 2016 lantaran dirinya baru beberapa pekan menjabat. Hanya saja, Eddy menjelaskan bahwa buku–buku tersebut masih dalam proses penataan di ruang pelayanan dan baca.
Dirinya akan segera mengecek kondisi buku-buku tersebut. “Akan kita cek dulu karena tahun itu belum menjabat di situ. Kalau buku diperpustakaan Bangka Selatan ada 6500 judul dan kurang lebih ada 26000 eksemplar,” jelasnya.
Menurutnya dari 6500 judul dan kurang lebih ada 26000 eksemplar buku yang ada, belum termasuk dalam buku pengadaan tahun 2016 lalu yang jumlahnya sekitar 1500 judul dan 1574 eksemplar.
“Untuk tahun 2017 ini tidak ada pengadaan buku baru diperpustakaan karena ada juga bantuan buku dari Perpustakaan Nasional melalui Perpustakaan Provinsi Babel,” imbuh Eddy.
Berdasarkan data dari LPSE Bangka Selatan pengadaan buku perpustakaan senilai Rp 340,85 juta dimenangkan oleh CV Mandiri Bersaudara. (raw)

Pos terkait