Penerbitan SIM Internasional, Pemohon tak Perlu ke Satpas Korlantas Polri

  • Whatsapp
AKBP S. Ferdinand Suwarji

Akses www.siminternasional.korlantas.polri.go.id

TOBOALI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan (Basel) akan mensosialisasikan program Korlantas Polri, yaitu penerbitan SIM Internasional secara online.

Pemohon tidak perlu datang ke Satpas SIM Internasional Korlantas Polri di Jakarta untuk mendapatkan SIM Internasional ini.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji menyebutkan, mekanisme penerbitan SIM Internasional tersebut, dilakukan dengan cara online, melalui akses berbasis website. Sedangkan proses pengiriman hasil cetak SIM tersebut, akan memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirim buku SIM Internasional ke alamat rumah pemohon.

Baca Lainnya

“Untuk dapat melakukannya, para pemohon, yaitu pemohon bisa mengakses www.siminternasional.korlantas.polri.go.id atau dengan cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui browser di handphone atau komputer,” jelas Kapolres.

Lanjutnya, Kapolres juga menjelaskan cara registrasi online dengan melakukan pengisian data diri.

“Para Pemohon, setelah mengakses web tersebut, para pemohon akan registrasi sesuai form yang tertera seperti upload foto SIM yang masih berlaku, upload foto KTP, upload foto Paspor, upload foto KITAP khusus WNA, upload pas foto dengan warna latar belakang putih serta upload foto tanda tangan,” imbuh Ferdinand.

Setelah itu, pemohon akan memilih cara pengambilan SIM Internasional, diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman ekspress.

Setelah data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional dan jasa pengiriman.

Bukti pembayaran akan dikirim melalui email. Pembayaran dapat di lakukan secara Non tunai Melalui ATM, M-Banking, Internet Bangking maupun setor tunai pada Bank.

Pemohon melakukan pembayaran, petugas di kantor pelayanan SIM Internasional akan menerima konfirmasi secara elektronik, kemudian petugas akan melakukan Verifikasi dan Validasi data pemohon serta melakukan Indentifikasi data.

Jika persyaratan lengkap dan sesuai maka petugas akan melakukan pencetakan Buku SIM Internasional, kemudian melakukan pengiriman sesuai pilihan pemohon.

Bagi pemohon yang telah melakukan pembuatan SIM Internasional secara online, dapat memberikan penilaian pelayanan dengan memberikan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dapat di akses langsung melalui website SIM Internasional.

Ada beberapa golongan dari SIM Internasional, salah satunya adalah: Gol A, Sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus untuk orang cacat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg.

Gol B, Kendaraan bermotor selain kategori A, dengan massa maksimum yang diperbolehkan 3.500 kg. Memiliki tidak lebih dari delapan kursi penumpang selain kursi pengemudi. Gol C, Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan massa maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg. Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.

Gol D, Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi. Terkahir, diungkapkannya, Gol E, Kombinasi dari kendaraan yang kendaraan utamanya ada di dalam kategori-kategori yang pengemudi diberikan izin mengemudi (B dan / atau C dan / atau D), tetapi tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan. “Proses Cepat, Tunggu Dirumah Saja” pungkas Kapolres. (rls/raw/3)

Related posts