Penerbangan Dibuka, Dua Warga dari Bangladesh di Belitung Positif Corona

  • Whatsapp
RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung. (Foto: dok)

RAKYATPOS.COM, TANJUNGPANDAN – Masyarakat Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali dikejutkan dengan kasus baru Covid-19. Setelah rute penerbangan kembali dibuka oleh pemerintah, dua orang warga yang memiliki perjalanan dari negara Bangladesh dan tengah berada di Belitung, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Mereka adalah DA dan DP, pasien laki-laki nomor 921 dan 923 yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung. Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Bangladesh ke Jakarta pada 11 Mei 2020 dan dari Jakarta ke Tanjungpandan, Belitung tanggal 16 Mei 2020.

Read More

Selain itu, Kabupaten Belitung juga mencatat satu orang pasien nomor 931 asal Paal Satu Tanjungpandan berinisial MOR yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19.

Direktur UPT RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung, dr. Hendra, Sp.An dalam rilisnya mengatakan, informasi terkini ditemukannya kasus baru di Belitung ini baru terkonfirmasi Jum’at sore 22 Mei 2020 sekitar pukul 16.00 dari hasil Swab Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Hanya berselang 15 menit dari pengumuman GTPPC Pusat, pukul 16.15 setelah melakukan pemeriksaan selama 2 jam, Laboratorium Biomedis Real Time PCR dengan alat TCM yang dimiliki oleh RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung yang mulai dioperasionalkan hari ini telah mengeluarkan hasil uji PCR terhadap 8 spesimen swab tenggorokan milik 4 orang pasien ODP dengan hasil 3 pasien positif Covid-19 yaitu pasien 921 pasien ke-6, pasien 923 pasien ke-7 dan 931 pasien ke-8 di Pulau Belitung,” tulisnya.

Saat ini ketiga pasien itu sudah diisolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk menjalani perawatan sampai sembuh. Ketiga pasien dalam kondisi sehat tanpa menunjukkan gejala klinis terkait Covid-19.

“Kepada seluruh masyarakat yang merasa pernah kontak erat, pernah berada dalam satu ruangan, pernah berada dalam satu mode transportasi terhadap ketiga pasien Covid-19 tersebut harap segera melaporkan dan memeriksakan diri di posko Covid-19 Dinas Kesehatan terdekat atau pusat deteksi Covid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai protap yang berlaku untuk mencegah penyabaran kasus lebih luas,” harap dr. Hendra.

Ia sekaligus dari Tim GTPPC Kabupaten Belitung menghimbau kepada seluruh warga Belitung dan sekitarnya untuk kembali mematuhi himbauan pemerintah dalam pencagahan dan penanganan penyebaran Covid-19 dengan senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, memakai masker, tidak berkumpul ditempat keramaian, selalu menjaga jarak (phisical distancing).

“Karena sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri 1441 H tetap bersilaturahmi dengan tidak melakukan kontak erat dan selalu menjaga jarak. Kami juga menghimbau tidak berpergian di tempat keramaian maupun tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa,” tandasnya. (rls)

JustForex

Related posts