by

Penderita Nerofibroma Akhirnya Dioperasi

Rodiman (33), penderita penyakit Nerofibroma (benjolan kecil di seluruh badan) saat akan menjalani Operasi di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Selasa (9/1/2018).(foto: raw)

6 Benjolan Berhasil Diambil

TOBOALI – Rodiman (33), penderita penyakit Nerofibroma (benjolan kecil di seluruh badan) akhirnya Selasa (9/1/2018) berhasil dioperasi di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.

Sebanyak 6 buah benjolan berhasil diangkat yang nantinya akan diteliti oleh dokter bedah Nugroho.

Demikian dikatakan pengurus Karang Taruna Basel, Nusyirwan yang mendampingi sedari awal proses pengobatan Rodiman. “Kita sebelumnya telah mengambil rujukan dulu di RS Provinsi ke RS Depati Hamzah, dan pasien diinapkan dulu di Ruang Melati sebelum operasi,” jelas pria yang juga mengajar di SMPN 5 Toboali.

Nusyirwan mengungkapkan, sehari sebelumnya dirinya juga mendampingi Rodiman mengambil sejumlah obat-obat persiapan operasi seperti alat suntik, selang infuse serta obat bius.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh handai taulan yang telah mengulurkan tangan untuk membantu kelancaran biaya tak terduga operasi ini. Kami ucapkan kepada Baznas Basel, terima kasih juga kepada Kepala UPT Jamkes Basel Haryadi, yang telah membantu administrasi atas anjuran dari Ibu Ekawati Justiar, semoga menjadi nilai ibadah kita,” imbuhnya.

Nusyirwan menambahkan, sebanyak 6 benjolan hasil operasi yang berhasil diangkat akan ditelilit kembali oleh dokter bedah selama 12 hari kedepan.
“Hasilnya akan diketahui 12 hari kedepan, benjolan yang diangkat segera diteliti oleh dokter bedah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Rodiman dirujuk ke RSUP Babel setelah diperiksa Dokter Specialis Bedah RSUD Basel Senin (27/11/2017).

Pengurus Karang Taruna Bangka Selatan Nusyirwan yang mendampingi pengobatan Rodiman menyebutkan berdasarkan rujukan Puskesmas Toboali, Rodiman dibawa ke RSUD Basel.

“Setelah diperiksa Dokter Spesialis Bedah RSUD yakni dr Aslaman Laras Trisnanto, akhirnya Rodiman dirujuk ke RSUP,” kata Nusyirwan.

Menurutnya, berdasarkan keterangan dokter, penyakit ini merupakan bawaan (gen) yang sulit disembuhkan. Meksi begitu, penyakit ini tidak menular, namun terus menjalar ke seluruh jaringan sel kulit.

“Meski menjalar, tetapi tidak berbahaya pada fungsi jaringan tubuh lainnya. Secara umum sangat kecil kemungkinan pengobatan berhasil dalam kasus yang sama dalam dunia kedokteran, tetapi kita tetap berusaha dan berdoa kepada Allah SWT agar penyakit Rodiman dapat sembuh, dan kita akan merujuk Rodiman ke RSUP Babel,” ungkapnya.

Dilansir sebelumnya, Rodiman mengidap penyakit Nerofibroma (benjolan di seluruh badan-red). Penyakit Nerofibroma yang diperkirakan sebesar jempol orang dewasa ini sejak 8 tahun lalu diderita anak pasangan Zulfikar dan Zarina.

Ketua Karang Taruna, Adi Abing beserta pengurus Nusyirwan dan Nazarudin pada Rabu (22/11/2017) lalu begitu menerima informasi penyakit yang dialami Rodiman langsung datang menjenguknya.

“Keluarga Rodiman telah membawanya ke RS Sungaliat, RSBT, pengobatan alternatif bahkan ke Tasikmalaya, hingga meminum obat herbal yang kabarnya sampai terhutang untuk biaya pengobatannya. Untuk pengobatan ini, mereka sudah menggadaikan rumahnya di bank, sehingga inilah yang menjadi alasan saya bersama Ketua Katar dan pengurus lainnya berniat membantu saudara kita ini,” jelas Nusyirwan kepada wartawan Jumat (24/11/2017).(raw/3).

Comment

BERITA TERBARU