Pencuri Emas di Sungailiat Ini Ditangkap, Polisi Turut Amankan Jimat 

  • Whatsapp
Mi (45) warga Koba, Kabupaten Bangka Tengah  saat diamankan polisi.(foto: Zuesty Novianty)

SUNGAILIAT – Seorang wanita paruh baya berinisial Mi (45) warga Koba, Kabupaten Bangka Tengah diamankan polisi karena melakukan pencurian di salah toko emas di Sungailiat. Wanita kelahiran Palembang, Sumatera Selatan ini diamankan berikut barang bukti berupa cincin emas dan sebuah jimat.

Informasi yang berhasil wartawan rangkum, pelaku dalam aksinya sempat terekam CCTV di toko emas beberapa waktu lalu. Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, pelaku akhirnya ditangkap polisi pada Senin siang (17/6/2019).

Setidaknya tiga toko emas berhasil disatroni pelaku dengan memanfaatkan kelengahan penjual. Modus lainnya, pelaku membawa emas palsu yang disembunyikan pakai tisu ditangannya lalu ditukar ketika memilih emas dari toko sasarannya.

Kanit Opsnal Satreskrim Polres Bangka, Ipda Ekazen mengatakan pelaku beraksi ketika pemilik toko emas lengah. Selain di toko emas, pelaku juga pernah melakukan aksi jahatnya di toko elektronik.

“Aksi pelaku ini sempat terekam CCTV. Pelaku juga menukarkan emas palsu yang dibawa dan disembunyikan pada tisu ditangannya, ditukar dengan emas palsu,” ungkap Ekazen kepada wartawan, Selasa (18/6/2019).

Dari aksinya, petugas mengamankan barang bukti berupa cincin emas 15 mata seberat sekitar 5,65 gram. Selain itu, turut diamankan jimat buluh perindu yang menurut pengakuan pelaku bisa menghipnotis target sasarannya.

Kasat Reskrim Polres Bangka, AKP Ricky Dwiraya Putra menerangkan pelaku sebelumnya pada Rabu (12/6/2019) berhasil melancarkan aksinya di Toko Emas Mutiara Indah Sungailiat.

Saat itu pelaku datang ke toko dan menanyakan cincin emas 10 mata seberat 3.75 gram untuk dibeli. Kemudian pihak toko mengeluarkan beberapa cincin emas sesuai dengan yang diminta.

Setelah itu, terang Ricky, pelaku mengatakan kepada pihak toko untuk menunggu sebentar dan pelaku ingin mengambil uang yang ada di suaminya. Kemudian saat kembali ke toko, pelaku malah meminta pihak toko untuk mengeluarkan cincin emas 15 mata dengan berat 5.65 gram untuk dibeli.

“Oleh pelaku setelah pelapor mengeluarkan cincin 15 mata, pelaku tidak jadi membeli dan kemudian meninggalkan toko. Sekitar pukul 16.30 WIB pihak toko cek stok barang dan ternyata cincin emas 10 mata kurang satu dan cincin emas 15 mata kurang satu,” katanya.

Akibat kejadian tersebut, tambah Ricky, korban mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp 6.050.000. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Bangka untuk penyelidikan lebih lanjut sampai pelaku akhirnya tertangkap. (2nd)

Related posts