Pemukulan Gong Tanda Dibukanya Bursa Inovasi Desa

  • Whatsapp
Camat Toboali memukul Gong sebanyak 18 kali pukulan menandai dibukanya Bursa Inovasi Desa 2019, Klaster 3 Kecamatan Toboali dan Kecamatan Air Gegas. (foto: dedy).

 

TOBOALI – Bursa Inovasi Desa tahun 2019 digelar di Kantor Camat Toboali Senin (29/7/2019). Pemukulan Gong oleh Sumindar, Camat Toboali, sebanyak 18 kali pukulan menandai dibukanya Bursa Inovasi Desa 2019, Klaster 3 Kecamatan Toboali dan Kecamatan Air Gegas.

Muat Lebih

Dalam sambutannya, Sumindar menegaskan bahwa inovasi desa harus berpijak pada 4 hal, yaitu: Pertama, Khas, maksudnya inovasi desa harus berpijak ke-khas-an wilayah atau belum ada sebelumnya. Kedua, Baru, maksudnya inovasi haru berasal dari gagasan yang baru. Ketiga, Terencana. Empat, Memiliki Tujuan Berkelanjutan.

Ia mengungkapkan, tujuan inovasi desa harus berorientasi pada percepatan penanggulangan kemiskinan, penanggulangan keterbelakangan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Secara tegas Sumindar menyampaikan, inovasi desa memiliki sasaran pada pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan pembangunan desa, baik yang sudah ada maupun baru dalam bentuk barang atau jasa yang secara bertahap memberi nilai tambah, baik melalui pembangunan infrastruktur, pengelolaan SDM, ekonomi dan sosial budaya.

Ketua Bursa Inovasi juga menyampaikan, ada 32 pilihan inovasi yang dapat dipilih oleh 18 desa yang hadir sebagai peserta bursa inovasi, yaitu desa-desa di Kecamatan Air Gegas dan desa-desa Kecamatan Toboali.
Bursa Inovasi Desa yang ke empat di Kecamatan Toboali, nanti akan dilakukan penandatanganan Pakta Integritas pelaksanaan inovasi di desa, sebagai komitmen untuk pencairan anggaran desa tahap berjalan.

Bursa Inovasi Desa adalah ajang untuk memilih inovasi yang sesuai bagi desa untuk anggaran Tahun 2020. Bursa Inovasi Desa dihadiri oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Anak dan Desa Bangka Selatan, Dinas Pendidikan, Camat Air Gegas, Pendamping Lokal Desa, Pendamping Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi, para Kades, Ketua BPD, Pos PAUD dan lain-lain. (raw/3)

Pos terkait