Pemuda Muhammadiyah Harap Guru Profesional

  • Whatsapp
Sabry Aryanto

PANGKALPINANG – Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Babel, Sabry Aryanto berharap guru harus tetap profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk mendidik para tunas muda generasi masa depan bangsa. Hal ini dikatakan Sabry, menyikapi Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

Menurutnya, selama ini guru begitu besar peran terhadap dunia pendidikan apalagi dalam membentuk pola perilaku peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan karakter saat ini.

“Tantangan dalam dunia pendidikan kedepannya semakin berat tugas dan tanggung jawab sehingga mengharuskan peningkatan kualitas dari para tenaga pendidik. Di Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2017 ini adalah bagian dari evaluasi baik guru maupun pemerintah,” ujarnya.

Apalagi berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 guru profesional ditunjukkan dengan sertifikasi pendidik mengingat tugas guru dalam UU NO 14 tahun 2005 tersebut. Untuk melaksanakan tugas utama itu harus ditopang dengan kapasitas personal dan kapasitas kelembagaan.

Karena meningkatkan kualitas kelembagaan itu sama saja meningkatkan kualitas sarana pendidikan yang harus mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah karena sebagian besar sekolah di Indonesia prasarana sekolah belum mendukung. Hal seperti ini dapat mempengaruhi pola daya tarik bagi peserta didik.

Di hari Pendidikan Nasional, lanjut dia, menjadi evaluasi bagi guru untuk profesional dan bagi pemerintah untuk memperhatikan prasarana pendidikan Serta kebijakan dan kurikulum harus memiliki arah dan tujuan yang jelas.

“Semoga pendidikan Indonesia kedepannya semakin membaik apalagi dalam menghadapi era tantangan saat ini pemerintah harus membuat kebijakan yang tepat dalam dunia pendidikan. Saat ini kita perlu meningkatkan kualitas tenaga pendidik untuk mengembalikan kejayaan Indonesia,”harapnya. (bum/10)

Related posts