Pemprov Optimis Ekonomi Babel Terus Tumbuh

  • Whatsapp

Budiman: Komoditi Unggulan Turut Naik

PANGKALPINANG- Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Budiman Ginting menegaskan, jika pemerintah harus optimis ekonomi masyarakat Babel akan mengalami pertumbuhan di tahun 2017 ini. Meskipun diakuinya, pemerintah menaikkan beberapa tarif yang sangat mendasar bagi masyarakat.

“Kita optimis tahun ini ekonomi Babel terus tumbuh, jika dilihat pada triwulan IV 2016 lalu, dibanding dengan triwulan III nya itu sudah mengalami kenaikan, mudah-mudahan di tahun ini terus meningkat,” kata Budiman kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Selain itu, meskipun tarif dasar listrik (TDL) untuk 900 watt mengalami kenaikan, biaya pengurusan STNK dan lainnya juga naik, Budiman menyebutkan hal ini juga diimbangi dengan kenaikan komiditi unggulan di Babel.

“Ya, kita harus optimis, harga timah sudah naik, dari 14.000 US Dollar menjadi 23.000 Dollar per metrik ton, karet sudah naik, kita sudah siapkan dengan Perda penyangga karet, demikian juga sawit, dimana sudah ada tim yang menetapkan harga,” bebernya.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM ini menambahkan, pemprov juga akan mengoptimalkan jalur masuk kebutuhan ke Babel, mendorong distribusi yang efektif dan efisien, sehingga tidak membebani ongkos kebutuhan.

“Kita akan berupaya mempermudah distribusi, menjaga kestabilan harga, bersinergi dengan instansi terkait, dan juga mendorong tumbuhnya pengusaha baru dari UMKM, dengan demikian tingkat pertumbuhan ekonomi akan meningkat,” harapnya. (nov/10)

Related posts