Pemprov Luncurkan Nomor Induk Aparat Pemerintah Desa

  • Whatsapp
Wagub Abdul Fatah menyerahkan Nomor Induk aparat desa Pemdes, dan disaksikan Dirjen Dukcapil.(foto: nurul)

RAKYAT POS.COM, PANGKALPINANG — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) telah meluncurkan Nomor Induk Aparat Pemerintah Desa, yang bertujuan sebagai pengembangan database, sehingga akan menghasilkan data dan informasi yang akurat.

“Dengan ini data aparat desa akan terdata, termasuk potensi dan administrasi desa, langkah ini sebagai pemenuhan amanat Undang – Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ungkap Wagub Babel, Abdul Fatah.

Read More

Launching nomor induk aparat pemerintah desa ini juga, dihadiri oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrullah, di kantor gubernur, Selasa (18/2/2020).

Wagub menambahkan, hal tersebut akan sangat berguna untuk Pemprov, ketika akan menyusun kebijakan-kebijakan dan rencana pembangunan desa.

Sementara, Kepala DPMD Pemprov Babel, Yuliswan mengatakan, nomor induk aparat pemerintah desa ini merupakan inovasi yang dihasilkan oleh Pemprov Babel, untuk mengetahui data mengenai aparat desa, bahkan bisa saja Babel menjadi provinsi pertama yang menerapkannya.

“Nomor induk ini untuk mengetahui aktivitas pemerintah desa, jadi tau jika memang ada orangnya, nggak fiktif seperti yang kemarin heboh,” ulasnya.

Nomor induk ini, lanjutnya, akan dimiliki semua desa, dan bertahap direalisasikan. Dimana dalam satu desa, sebutnya, terdapat sekitar 15 orang aparat pemerintah, mulai dari kades, hingga Kadus.

“Nomor induk ini juga penilaian kita, misalnya jika ada kades yang baru, kemudian mau mengganti aparatnya, kita bisa lihat, kalau bisa ya jangan semua diganti,” tutur Yuliswan.

Data ini juga, lanjutnya, berkenaan dengan potensi desa, dan semua yang berkaitan dengan pemerintah desa, agar lebih mudah dalam pengawasan dan pendataan.(nov/3)

Related posts