Pemprov Kembangkan Geopark dan Marine Park

No comment 108 views

Di Bangka Selatan dan Belitung

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung akan menjadikan kawasan Bangka Selatan hingga Belitung menjadi satu kesatuan tempat wisata yang diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan lebih banyak ke Babel.

Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan, untuk kawasan geopark di Belitung sudah dilakukan survei oleh ITB dan untuk Bangka baru akan dilaksanakan survei.

“Dimanapun nanti yang ditetapkan kita akan dukung secara penuh, baik di Bangka maupun di Belitung, kalau untuk marine park itu satu kesatuan Bangka dan Belitung,” kata Fatah, Senin (13/11/2017).

Titik yang akan dikembangkan, lanjutnya akan dilakukan survei sehingga setelah didapat beberapa titik baru nanti difokuskan menjadi geopark untuk wilayah di daratan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, A. Rivai mengatakan, hari ini (besok-red) tim survei akan mengunjungi lokasi geopark di Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

“Geopark akan melintasi pulau-pulau kecil kalau ada rute pesisir harus ada sandaran, itu harus diupayakan perbaikan, geopark ini sebagai daya tarik wisatawan,” katanya.

Untuk sisi laut, kata dia, akan dijadikan kawasan marine park, karena memiliki potensi yang sangat besar dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk geopark Belitung, diharapkan pada 2018 sudah ditetapkan sebagai geopark nasional dan di Basel pada 2019 diharapkan sudah menjadi geopark nasional.

“Tim nanti ingin melihat bagaimana kawasan di pesisir Selatan, apakah bisa dijadikan geopark, sebagai awal tim ITB 81 akan ikut serta, ada empat orang, dari UBB juga ada lima peneliti,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Basel Haris Setiawan menyebutkan, di Basel terdapat 18 titik yang direncanakan menjadi kawasan geoside diantaranya adalah Pantai Batu Belimbing, Pantai Batu Perahu, Pantai Batu Kapur, Pantai Batu Kodok dan Pantai Laut Nek Aji. (nov/10)

No Response

Leave a reply "Pemprov Kembangkan Geopark dan Marine Park"