Pemprov Gandeng Politeknik Media Kreatif

  • Whatsapp
Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif memperlihatkan Kesepakatan Bersama yang telah ditandatangani di Jakarta, Selasa (8/10/2019).(foto: istimewa).

Kembangkan Kemasan Produk UMKM

PANGKALPINANG – Satu lagi langkah nyata yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Babel, terutama dalam hal packaging atau kemasan produk-produk.

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta adalah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang memiliki Program Studi Packaging, oleh Pemprov Babel digandeng menjadi mitra kerja sama.

Agar segera dilakukan langkah-langkah riil, satu diantaranya soal packaging tersebut, Selasa (8/10/2019), kesepakatan kerja sama kedua belah pihak, yakni Pemprov Babel dengan Politeknik Negeri Media Kreatif ditandatangani.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemprov Babel dengan Politeknik Negeri Media Kreatif tentang Pengembangan Kelembagaan, Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Pemanfaatan Sumber Daya tersebut, dilakukan langsung oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersama Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Purnomo Ananto, di Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta Selatan.

Gubernur Erzaldi usai Penandatanganan mengaku sangat senang adanya kesepakatan bersama ini. “Sekalipun kami belum ketemu secara intens dengan Pak Purnomo (Direktur-red), namun kami merasa bahwa perkembangan media kreatif ini tepat untuk mendorong perkembangan ekonomi. Khususnya UMKM, di masyarakat kita sangat tinggi, sehingga kita bergerak cepat,” kata Gubernur.

“Apa yang kita tandatangani hari ini, kalau bisa bulan depan sudah kita laksanakan. Sebab, yang pertama kami ingin beberapa orang dari Babel dikuliahkan di Politekni ini, 3 bulan atau 6 bulan. Ini sebagai sporting kami nanti, pada tahun depan kami sudah memiliki rumah kemasan. Yang kedua, kami ingin Politeknik Negeri Media Kreatif ini, melakukan kerja sama dengan Rumah Kemasan kami, termasuk sebagai sporting apa yang memang dibutuhkan dalam rumah kemasan itu,” ujar Gubernur.

Nanti juga, lanjut Gubernur Erzaldi, kalau Praktek Lapangan Mahasiswa Politeknik di Babel. “Ketiga, kami juga akan mengirim anak-anak hebat kami untuk kuliah di sini dengan beasiswa kami. Dan yang paling kami inginkan juga kerja sama full, apapun bentuknya untuk menjadikan rumah kemasana itu menjadi rumah kemasan yang hadir dalam rangka membantu UMKM kami, sehingga kedepan setelah kerja sama ini, bisa memberikan perubahan yang sangat signifikan dari segi kreatifnya mereka (UMKM) membuat kemasan,” jelas Gubernur.

Apalagi, disampaikan Gubernur Erzaldi, Tahun 2021 Pemprov Babel ada Program Visit Babel, dimana pada tahun itu packaging produk itu sudah ada perubahan.

Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif, Purnomo Ananto dihadapan Gubernur Babel Erzaldi mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel, khususnya Gubernur Erzaldi yang telah memberikan kepercayaan dan menggandeng Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta untuk kerja sama ini.

“Sebenarnya pertemuan saya dengan Pak Gubernur Erzaldi hingga terjadinya MoU ini, tidak lebih dari 1 bulan,” ungkap Purnomo.

Purnomo menyebutkan, Politeknik Negeri Media Kreatif ini, kampus utamanya dan Prodi Packaging ada di Jakarta. Selain Prodi Packaging, dikatakan Purnomo, ada juga sejumlah Prodi lainnya dimiliki Politeknik Negeri Media Kreatif.

Selain jajaran civitas akademikan Politeknik Negeri Media Kreatif, penandatangan Kesepakatan Bersama itu, juga dihadiri Staf Khusus Gubernur Babel, Prof Saparudin, dan sejumlah Pejabat terkait Pemprov Babel. (rell/3).

Related posts