Pemprov Bangun 200 Unit Rumah Layak Huni

No comment 142 views

Rp60 Juta Satu Unit
154 Rumah di Beltim Rusak Berat

PANGKALPINANG- Tahun depan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) mengalokasikan untuk pembangunan rumah layak huni untuk 200 unit rumah warga yang saat ini tidak layak huni. Satu unit rumah, dengan alokasi yang direncanakan sebesar Rp 60 juta.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Provinsi Babel Noviar Ishak mengatakan, rencana pembangunan rumah layak huni ini difokuskan untuk memperbaiki rumah-rumah masyarakat yang terkena dampak banjir di Belitung Timur (Beltim) dan Pangkalpinang.

“Pasca bencana, di Beltim 154 rumah rusak berat, maunya semua kita bantu tapi anggaran yang ada baru untuk 74 unit rumah dulu, sisanya kita bangun bertahap, karena selain Beltim, kabupaten lain juga ada,” kata Noviar, Rabu (6/12/2017).

Satu unit rumah, lanjut dia, dianggarkan sebesar Rp60 juta, sehingga diharapkan rumah ini nantinya tuntas dibangun dan memang layak. “Kalau program APBN Rp15 juta satu unit rumah dan Rp2 jutanya untuk upah, untuk APBD ini pak gubernur menginginkan rumah itu dibangun hingga selesai dan layak, sehingga dialokasikan Rp60 juta,” tandasnya.

Penerima rumah ini, merupakan masyarakat tidak mampu yang sudah didata oleh kabupaten/kota dan disurvei. Selain di Beltim, untuk Kota Pangkalpinang mendapatkan jatah 50 rumah dan kabupaten lainnya 16 unit. “Di Pangkalpinang ada 200 unit rumah tidak layak, tetapi yang kita bantu cuma 50 KK, nama-namanya dari bupati dan walikota,” imbuhnya.

Mantan kadis PU ini berharap, rencana yang sudah dianggarkan dalam APBD ini disetujui pemerintah setelah dievaluasi oleh Kemendagri. Noviar menambahkan, selain progrqm APBD, Babel juga mendapat bantuan rumah 2.000 unit tahun 2017 dari APBN dan meningkat pada 2018 menjadi 3.000 unit rumah dimana satu unit rumah hanya dibantu Rp15 juta.

“Bantuan swadaya perumahan sederhana (BSPS) bantuan dana dari pusat 15 juta untuk satu KK, tahun ini dapat 2.000 rumah di 2017, sudah berjalan dan harus tuntas. Dengan berbagai program ini, kita berharap nantinya di Babel tidak ada lagi masyarakat yang rumahnya tidak layak,” ujarnya. (nov/10)

No Response

Leave a reply "Pemprov Bangun 200 Unit Rumah Layak Huni"