Pemprov Babel dan Pemkab Bateng Tanam 5000 Mangrove

  • Whatsapp

KOBA – Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) dan Pemerintah Bangka Tengah (Bateng) melakukan penanaman mangrove di Pantai Terentang, Kecamatan Koba, Bangka Tengah, Selasa (9/7/2019).

Penanaman mangrove secara serentak di 12 provinsi se-Indonesia ini juga melibatkan Makorem 045 Garuda Jaya, BPDAS, Basarnas dan KLH.

Wagub Babel Abdul Fatah mengatakan penanaman mangrove tersebut memang dilakukan serentak se-Indonesia termasuk di Bangka Belitung yang berlokasi di Pantai Terentang.

“Sebanyak 60 ribu tanaman mangrove di 12 provinsi se-Indonesia atau 5000 setiap provinsi termasuk di Bangka Belitung,” ujarnya.

Ia menyampaikan banyak manfaat yang kita peroleh dari tanaman mangrove yakni sebagai paru-paru dunia, pembinaan lingkungan, mencegah abrasi di pantai dan banyak manfaat lainnya.

“Bagaimana kita terus melakukan penanaman tanaman mangrove di Bangka Belitung yakni di Pulau Bangka dan Belitung untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap terjaga dan terpelihara,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Ibnu Saleh mengatakan ini penanaman 5000 mangrove ini adalah awal dari target 100 ribu pohon yang dilakukan bersama oleh Pemerintah Bangka Tengah dan BPDAS beserta Mangrove Munjang.

“Kegiatan hari ini adalah awal penanaman dan mendekati 200 ribu pohon pada tahun ini,” ujarnya.

Dia berharap menanam mangrove bukan hanya untuk lingkungan tetapi kedepan kita desain jadi objek wisata mangrove.

“Yang jelas mangrove di Bangka Tengah sangat baik. Disisi lain juga mangrove banyak manfaatnya,” tuturnya. (ran/10)

Related posts