Pemprov Babel Berikan Bantuan Bibit Asam di Pantai Tapak Antu

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan bibit asam.(foto: ratna).

RAKYATPOS.COM, PANGKALANBARU – Salah satu wujud mendukung pemulihan kondisi alam Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Babel menyerahkan bantuan bibit asam sebanyak 100 batang, ke Desa Batu Belubang, khususnya di Pantai Tapak Antu, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Babel.

Dalam kesempatan itu juga, DLH Babel memberikan bantuan bibit durian sebanyak 30 batang. Selasa (21/7/2020).

“Penanaman pohon asam, untuk melestarikan sistem asli flora dan fauna kawasan tersebut, serta untuk menciptakan kawasan produktif, penghijauan serta akan menjadi pohon peneduh yang mendukung pariwisata di akses jalan Pantai Tapak Antu,“ ungkap Kepala Bidang Pemeliharaan LH, Pengelolaan sampah dan peningkatan kapasitas LH, Mega Oktarian, S,Si, M.Eng.

Bibit asam ini, diperoleh dari hasil kerja sama DLH Babel dengan PT Refined Bangka Tin melalui kegiatan peningkatan kapasitas bersama sekolah yang ada di Kabupaten Bangka, diantaranya SMA Negeri 1 Sungailiat, SMA Negeri 1 Pemali, SMK Yapensu, dan SMK Negeri 1 Sungailiat.

Baca Lainnya

Dalam penjelasannya, selain penyerahan bibit tanaman, di lokasi kegiatan berlangsung bina program CSR DPPU Pertamina Depati Amir dan Botanical Group for Environment dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar Pantai Tapak Antu sebanyak 100 paket dan penanaman bibit bakau di pesisir Pantai Tapak Antu.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Belubang, Dasih Tri Wulandari mengucapkan terima kasih kepada DPPU Pertamina Depati Amir dan Botanical Group for Environment atas inisiasi memperingati hari mangrove sedunia, dan juga memberikan apresiasi kepada DLH Babel yang telah membantu dan ikut berperan dalam menjaga kelestarian dan keindahan alam sekitar Pantai Tapak Antu. Diharapkan pantai ini, bisa menjadi destinasi wisata yang lebih baik.

Kegiatan ini, diprakarsai oleh PT Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir dalam memperingati hari mangrove sedunia yang diperingati pada 27 Juli 2020, dan dihadiri oleh TBBM Pangkal Balam, Korem 045 Garuda Jaya, Botanical Group, Kodim 0413 Bangka, Brimob Babel, DitPolairud Babel, Polsek Pangkalan baru, Polsek Pangkalan Baru, BPDAS Batu Rusa cerucuk, Forum DAS Bangka Belitung,Satwas SDKP Bangka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Perangkat Desa Batu Belubang, Organisasi Mangrove Munjang, Organisasi Natak Sekaput, dan Organisasi GPII Bangka Belitung.

(Ratna/Adv).

Related posts