Pemprov akan Hibahkan Lahan Pembangunan Balai Praskim Babel

  • Whatsapp

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menghadiri Rapat Koordinasi dengan Satuan Kerja Pekerjaan Umum (Satker PU) Balai Praskim.

Dalam rakor yang berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Babel, Selasa (2/6/2020) itu, Gubernur didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, Kepala Dinas PUPR Babel, Kepala Biro Pemerintahan Setda Babel.

Rakor bersama pihak Satker PU Balai Praskim, dan pihak terkait lainnya tersebut, membahas program pembangunan antara lain, pembangunan perkantoran terpadu Balai Prasarana Permukiman Wilayah Babel Kementerian PUPR, penyediaan bahan baku air bersih, trotoar, jalan, mengatasi banjir, Kota Baru Basel, irigasi, jembatan, perumahan, serta beberapa program pembangunan lainnya.

Gubernur Erzaldi dalam rakor mengatakan, untuk pembangunan Kantor Terpadu Balai Prasarana Permukiman Wilayah Babel Kementerian PUPR, serta pembangunan rumah susun untuk ASN di lokasi yang sama, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan menghibahkan lahan, yaitu berdekatan dengan Kantor BPBD Provinsi Babel.

Baca Lainnya

Menurut Gubernur, lahan yang dihibah ke Satket Balai Praskim ini, segera dibangun sesuai peruntukannya, namun dari lahan tersebut, harus ada lahan terbuka hijau (RTH), sehingga kawasan ini menjadi hijau dan asri.

“Kami telah hibahkan lahan dan segera bangun kantornya. Dari lahan yang ada ini, harus ada RTH nya dan daerah ini juga akan dibangun jalan untuk balap motor. Intinya, tata dengan baik kawasan itu, sehingga lebih bagus,” ungkapnya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Babel Kementerian PUPR, Miarka Risdawati mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Babel, terutama kepada Gubernur Erzaldi yang telah memberikan lahan untuk pembangunan terpadu tersebut, karena selama ini sebagian dari rekan mereka selalu berpindah-pindah karena tidak memiliki kantor.

“Alhamdulillah kebaikan Pak Gubernur, kami bisa membagun kantor terintegrasi. Kami pun tentunya selalu bersinergi dengan pemprov untuk pembangunan sesuai aturan,” ujarnya.

Menurutnya, di tahun 2021 mendatang banyak program Pemprov Babel yang harus dikerjakan, yaitu pembangunan penyediaan bahan baku air bersih dengan memanfaatkan kolong yang ada, pembangunan jembatan, jalan, irigasi, trotoar, pengentasan banjir, dan lainnya.

“Ada beberapa hal penting yang menjadi perhatian pemerintah untuk membangun, yaitu harus ada pembebasan lahan terlebih dahulu oleh pemerintah daerah. Adalagi menjadi perhatian kami, apabila kawasan tersebut dijadikan daerah persawahan dan telah dibangun irigasi, maka kawasan tersebut tidak boleh dirubah fungsinya, sehingga uang negara tidak mubazir,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, sebelum pembangunan berlangsung, semua pihak harus dilibatkan, sehingga pembangunan bermanfaat untuk masyarakat. (Hasan/Adv/3).

Gubernur Babel Erzaldi Rosman.(foto: saktio).

Related posts