Pemkot tak Serius, Sampah Berserakan di Sudut Kota

  • Whatsapp
SAMPAH oh SAMPAH – Tumpukan sampah rumah tangga berserakan di pintu masuk Kota Pangkalpinang atau tepat simpang Lintas Timur perbatasan dengan Kabupaten Bangka, selain membuat image buruk wajah kota, juga menebar bau tak sedap. (foto: Rovi Rapos)

Gubernur Turun Tangan

Pangkalpinang – Permasalahan sampah di Kota Pangkalpinang kian membuat resah.
Hampir di setiap sudut jalan di kota ini, tumpukan sampah rumah tangga berserakan seolah menjadi pemandangan biasa.
Tidak seriusnya Pemerintah Kota Pangkalpinang mengatasi persoalan sampah, membuat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, turun tangan.
Gub menginstruksikan kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Pemprov Babel, untuk memanggil Wali Kota Pangkalpinang, Maulana Aklil sekaligus Bupati Bangka Tengah ( Bateng), Ibnu Saleh.
Pemanggilan tersebut terkait upaya penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional yang akan dibangun di Bateng, yang merupakan proses akhir dari pengolahan sampah di TPA Parit Enam.
“Sampah TPA (Parit Enam) sudah bau kemana-mana, saya sampaikan ke DLH, segera panggil Bupati dan wali kota, sudah bentuk saja TPA regional, segera dan hilangkan baunya,” kata Erzaldi, pekan lalu.
Pemprov, lanjutnya, juga memiliki rencana dan program terkait pembuangan sampah ini, bahkan untuk pengelolaan sampah ini memang membutuhkan biaya yang tak sedikit.
“Kami pun sudah ada perencanaan, bahkan Rp
28 M perencanaan untuk menutupi biar enggak bau, jadi sudah serahkan ke kita dalam mengelola sampah ini,” tegasnya.
Persoalan yang mendesak ini, menurut Gubernur harus segera dituntaskan dan diatasi bersama, agar masalah sampah ini cepat teratasi dan terselesaikan.
Ia menilai, persoalan pembangunan TPA regional ini, yang dipermasalahkan oleh Pemkot hanya persoalan tambahan (subsidi) biaya angkut dari TPA Parit Enam.
“Kalau Pangkalpinang, mau minta tambah biaya angkut, kalau Bangka Tengah katanya sudah siap, misalnya sudah dibebaskan dan sudah siap, ya segera,” tandasnya.
Pembangunan TPA regional ini, sudah disepakati oleh Bupati dan Wali Kota, dana Rakorgub yang digelar di Pulau Belitung beberapa waktu lalu. (nov/6)

Related posts