Pemkot Pangkalpinang Meriahkan Peringatan HUT ke-74 RI

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Euforia peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia dirasakan setiap warga negara. Pemerintah Kota Pangkalpinang tak ketinggalan untuk memeriahkannya.

Pemkot Pangkalpinang menggelar rangkaian kegiatan dimulai dari pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih (Paskibraka) yang dilakukan langsung Walikota Maulan Aklil (Molen).

Wali Kota mengukuhan 36 anggota Paskibraka di Kota Pangkalpinang Kamis (15/08/2019) malam di Rumah Residen Rumdin Wali Kota Pangkalpinang. Selanjutnya turut serta melakukan apel kehormatan atau renungan suci di Makam Pahlawan Pawitralaya, Sabtu (17/8/2019) dini hari.

 

Renungan suci turut dihadiri Wakil Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, Sekda Radmida Dawam, Dandim 0413/Bangka Letkol Arm Riski Budianto, Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, Kajari Pangkalpinang Rm Ari Prioagung, beserta Kepala OPD Pemkot Pangkalpinang.

Pemkot lalu menggelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Sabtu (17/8/2019). Wali Kota menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan itu.

Wali Kota mengapresiasi HUT ke 74 RI yang berjalan lancar. “Kita sudah menyelesaikan upacara dengan khidmat dan berjalan lancar. Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada seluruh yang berkecimpung dalam pelaksanaan ini. Pengibar bendera, pelatih, pembina dan semua nya. Kita semarak kan HUT Republik Indonesia ini,” kata Molen usai pelaksanan upacara.

Peringatan HUT Republik Indonesia mengusung tema SDM unggul. Bagi dia, membangun daerah memang harus dimulai dari kualitas sumber daya manusia dan diimbangi dengan pembangunan infrastruktur.

Momentum ini juga dimaknai sebagai timbulnya semangat tinggi untuk bangkit membangun daerah, khususnya Pangkalpinang menjadi Kota Beribu Senyuman.

Sedangkan dalam upacara penurunan bendera, Wakil Wali Kota Pangkalpinang, Muhammad Sopian, yang dimandat menjadi inspektur upacara. Semua rangkaian upacara di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang berjalan lancar, baik pada saat penurunan maupun pengibaran.

Memaknai Kemerdekaan Republik Indonesia, Sopian mengatakan, momentum ini dijadikan rasa untuk menumbuhkan nasionalisme dalam diri. Diusia Indonesia ke-74 tahun ini, mengusung tagline SDM unggul, Indonesia maju.

Menurut Sopian, mencapai sumber daya manusia yang unggul tentu melalui banyak perjuangan, baik itu pemerintah pusat hingga ke daerah. Namun, kementerian terkait yakni Kemendikbud sudah mempunyai formula yang dikenal dengan pendidikan berkarakter.

Sopian menilai, pendidikan berkarakter yang diterapkan kepada generasi penerus bangsa akan menumbuhkan SDM berkarakter dan unggul.

Dengan SDM berkarakter, nanti menciptakan SDM unggul. Mereka menguasai ilmu yang dimiliki sehingga bisa diterapkan dimasyarakat untuk kesejahteraan,” pungkas Sopian.

Dia berharap, melalui momentum HUT ke-74 Republik Indonesia, segenap bangsa harus selalu semangat, berkarya dan bekerja nyata untuk mencapai kesejahteraan bersama.(bum/10)

Related posts