by

Pemkot Gelar Upacara Peringatan HUT Satpol PP, Damkar & Linmas

-Moment-331 views

Pjs Walikota : Pol PP dan Linmas Penting Kawal Pilkada

PANGKALPINANG – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-68, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-56 dan Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar) ke-99 dilaksanakan secara serentak di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (12/4/2018).

Upacara itu dipimpin langsung Pjs Walikota Pangkalpinang, Asyraf Suryadin. Selain upacara, peringatan tersebut ditutup dengan peragaan simulasi pemadam kebakaran oleh tim Satdamkar kota Pangkalpinang, yang disaksikan oleh Pjs Walikota, Sekda dan Kepala Satpol PP yang ikut dalam peragaan penanganan kebakaran.

Dalam sambutannya, Asyraf mengatakan, perayaan ulang tahun Satpol PP, Satlinmas, dan Satdamkar kali ini bertepatan dengan tahun politik. “Di tahun 2018 ini, akan ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang,” kata Asyraf saat memimpin upacara.

Untuk itu, kata Asyraf, peran Satpol PP dan Satlinmas menjadi penting di tahun politik. Dia meminta kepada Satpol PP dan Satlinmas untuk ikut mengawal agenda pemilihan kepada daerah di Kota Pangkalpinang.

“Pelaksanaan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi merupakan faktor yang penting harus di perhatikan dalam rangka penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, dalam mengawal Pilkada nantinya. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Asyraf, sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Satpol PP Pangkalpinang Rasdian Setiady mengatakan, sesuai arahan dari Mendagri bahwa Satpol PP akan dilibatkan dalam mengawal Pilkada di daerah masing-masing.

“Pol PP dalam membantu Pilkada nanti harus bersifat netral, Pol PP dan Panwaslu Kota Pangkalpinang selalu berkoordinasi, apabila terjadi pelanggaran alat peraga kampanye yang telah di tetapkan Panwaslu maka kami akan membantu dalam penindakan berupa penurunan atau pencopotan alat kampanye,” ujarnya. (bum/10)

Comment

BERITA TERBARU