by

Pemkab Siapkan Dana Hibah Rumah Ibadah Rp7,1 Miliar

Disalurkan untuk 56 Rumah Ibadah

KOBA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) pada tahun 2019 telah menyiapkan dana hibah sebesar Rp7,1 miliar untuk pembangunan sejumlah rumah ibadah di wilayah itu.

“Dana hibah itu disalurkan untuk 56 rumah ibadah umat Islam dan non Islam yang tersebar pada enam kecamatan di daerah ini,” ujar Kabag Kesra Pemkab Bateng, Fadlillah saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/05/2019).

Dikatakannya, calon penerima dana hibah itu sudah berdasarkan hasil verifikasi pihak Kesra dan tercatat sebanyak 56 rumah ibadah yang masuk nominasi sebagai penerima.

“Penyaluran dana hibah yang sumber uangnya dari APBD ini tentu berdasarkan proposal yang diajukan pihak pengurus rumah ibadah dan nominal bantuan tentu berpariasi,” ungkapnya.

Ia mencatat ada ratusan pihak rumah ibadah yang mengajukan proposal namun hanya sebanyak 56 rumah ibadah yang diprioritaskan mendapat bantuan tahun tersebut.

“Bantuan yang dikabulkan tentu tidak mesti sesuai dengan nominal di dalam proposal yang mereka ajukan, kami menyesuaikan dengan ketersediaan dana yang ada,” tuturnya.

Ia menambahkan, sasaran penerima dana hibah itu adalah rumah ibadah dan organisasi kemasyarakatan sedangkan bantuan warga yang sakit, biaya pendidikan dan sejenisnya itu masuk ke dalam pos bantuan sosial (Bansos).

“Beda antara penerima Bansos dan dana hibah, kalau penerima dana Bansos tidak terencana atau tidak bisa ditentukan berapa jumlah calon penerima. Kalau dana hibah itu sudah terencana dan jumlahnya sudah bisa ditetapkan berdasarkan hasil verifikasi dari pihak kami,” tandasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU