by

Pemkab Optimis Raih Target Swasembada Bawang Merah

KOBA – Sebanyak 26 desa di Bangka Tengah telah mampu memproduksi dan menguasai ketrampilan budidaya bawang merah pada tahun 2019. Atas kesuksesan tersebut, Pemkab Bateng optimis target swasembada Bawang merah di Bangka Tengah terwujud tahun ini.

“Hampir setengah masyarakat Bangka Tengah menguasai pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya bawang merah ini,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Selasa (20/02/2019).

Dikatakannya, pada Tahun 2019 ini budidaya bawang merah di Bangka Tengah ditargetkan raih swasembada bawang merah.

“Insya Allah 2019 ini target kita swasembada bawang merah optimis tercapai dan kita minta seluruh desa yang punya potensi untuk bercocok tanam bawang agar memperluas budidaya bawang merahnya,” terangnya.

Pihak Pemkab Bangka Tengah juga mencari konsumen dari luar untuk membeli bawang merah dari Bangka Tengah ketika produksi bawang merah memasuki masa panen raya.

“Untuk memenuhi kebutuhan bawang merah di Provinsi Bangka Belitung masih belum tercukupi. Jadi, untuk tahun ini kita yakin swasembada akan produksi bawang merah untuk masyarakat Bangka Tengah terlebih dahulu dan kelebihannya baru kita jual ke daerah-daerah kabupaten kota yang ada di Pulau Bangka,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada para petani bawang merah di Bangka Tengah untuk terus menambah pengetahuan ketrampilan dan selalu berkoordinasi dengan para penyuluh baik dari Dinas Pertanian, Dinas Pangan maupun para penyuluh dari Provinsi Bangka Belitung.

“Kami harapkan para petani bawang merah ini terus menambah pengalaman pengetahuan bertukar informasi, bertukar pengetahuan ketrampilan dengan sesama petani lainnya, sehingga mendapatkan pengetahuan teknologi inovasi lebih baik dan lebih baik lagi dibandingkan saat ini,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU