Pemkab Kampanyekan Diversifikasi Pangan Kepada Pelajar

  • Whatsapp

Biasakan Pelajar Konsumsi Sayur-sayuran

KOBA – Pemkab Bangka Tengah mengampanyekan program diversifikasi pangan kepada kalangan pelajar di wilayah tersebut dalam rangka membiasakan kalangan pelajar untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Kampanye diversifikasi pangan dalam rangka membiasakan kalangan pelajar untuk mengonsumsi sayur, buah dan umbian lokal yang kaya akan gizi, sehingga mampu mencerdaskan anak daerah,” ujar Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, Selasa (06/08/2019).

Dikatakannya, diversifikasi pangan juga bertujuan menumbuhkan ekonomi kreatif, sehingga pelaku industri pangan tidak hanya membuat produk pangan dari beras saja tetapi ada inovasi lain yang bahan bakunya selain beras.

“Potensi daerah itu untuk mengembangkan pangan lokal sangat tinggi, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk bisa membantu pemerintah dalam merealisasikan program diversifikasi untuk ketahanan pangan di Bangka Tengah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, beberapa upaya untuk mencapai diversifikasi di antaranya pengembangan promosi terhadap pola konsumsi pangan lokal, integrasi dan interaksi antara pemerintah, pelaku usaha pangan dan perguruan tinggi untuk melakukan pengembangan pangan lokal.

“Dengan demikian, ketergantungan masyarakat terhadap beras menurun, konsumsi beras berkurang dan konsumsi pangan lainnya meningkat,” tuturnya.

Ia menambahkan secara berkesinambungan diversifikasi pangan mengonsumsi pangan yang beragam, seimbang, bergizi tinggi dan sehat.

“Kemudian membiasakan kalangan pelajar mengurangi mengonsumsi jajanan serba instan dan beralih mengonsumsi aneka makanan yang bahan bakunya dari bahan pangan yang bergizi,” tukasnya. (ran/3).

Related posts